Bupati Paser Harapkan Stakeholders Ikut Bangun Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

387

SOROTONLINE.COM – Keterlibatan stakeholders, khususnya pentahelix yaitu Academic, Business, Community, Government (ABCGM) dan Media sangat diharapkan untuk terus ikut berkontribusi dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal tersebut disampaikan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli Pada malam Anugerah Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang digelar di Kryad Sadurengas Hotel, Selasa (27/9/22), sekaligus menobatkan 23 orang/organisasi sebagai pengembang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dikatakan, bertepatan peringatan Hari Pariwisata Sedunia, pembangunan sektor pariwisata tidak bisa dibangun oleh pemerintah daerah saja, tapi juga memerlukan partisipasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan.

“Menempatkan Pariwisata sebagai andalan ekonomi kreatif merupakan salah satu dari sembilan program strategis dari Visi Kami, Menuju Paser MAS, Kabupaten Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera”, ungkap Bupati Paser dr Fahmi Fadli.

Pembangunan kepariwisataan kata dia, diharapkan mampu mendorong pembangunan daerah yang diarahkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah dengan mengurangi kesenjangan antar wilayah.

“Selain itu pembangunan kepariwisataan juga mendorong pemanfaatan potensi dan kemampuan masing-masing wilayah untuk dapat membangun Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujarnya.

Guna meningkatkan pariwisata tentunya harus membangun terlebih dulu infrastruktur jalan, jembatan, air bersih dan sebagainya, sebagai mana instruksi presiden, bahwa tahun 2023 akan fokus pada infrastruktur dengan alokasi dana sebesar Rp500milyar.

“Satu persatu kita benahi tempat pariwisata. Pada tahun 2022, destinasi Gunung Boga dialokasikan senilai Rp 2,4milyar. Selain itu, stakeholder juga sudah banyak memberi kontribusi kepada daerah untuk wisata,” terangnya.

Lebih lanjut Bupati Paser mengatakan, jika ada destinasi yang belum digali oleh pemerintah, maka disilakan kepada para perusahaan yang ada di Bumi Daya untuk turut serta berkontribusi membangun dan meningkatkan dunia kepariwisataan.

“Pemerintah Kabupaten Paser akan terus mendorong dan memberikan support terhadap penyelenggaraan kegiatan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebagai salah satu upaya menggerakkan ekonomi nasional,” ujarnya.

Fahmi mengajak semua pihak khususnya di Kabupaten Paser untuk terus tingkatkan dan gandakan nilai potensi yang dimiliki agar mampu berhasil guna serta berdaya saing sesuai dengan Visi Kabupaten Paser, Paser MAS.

Pada malam Anugerah Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fahmi atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Paser, juga mengapresiasi dan berterima kasih atas kontribusi para penerima Anugerah Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan berbagai kategori.

“Semoga terus berkontribusi positif bagi kemajuan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Paser,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.