Bupati Fahmi Pimpin upacara Peringatan HANTARU ke-62 di BPN Paser

526

SOROTONLINE.COM – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli memimpin upacara pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) ke-62 , yang dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Paser, Senin (26/9/2022).

Berlangsung di lapangan kantor BPN Kabupaten Paser, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengajak BPN Paser untuk bersama-sama melaksanakan percepatan pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Hal itu dalam rangka penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan reforma agraria, serta pemberantasan mafia tanah dan mendukung percepatan pembangunan IKN,” jelasnya.

Dikatakan, dengan adanya program PTSL telah mendapat loncatan yang sangat signifikan dalam kurun waktu 5 tahun. Sehingga capaian jumlah tanah terdaftar sebanding dengan 70 tahun sebelum program PTSL.

“Saat ini, capaian pendaftaran tanah sudah mencapai 81,6 juta bidang atau setara dengan 64,7%. Untuk mencapai target 100% pada tahun 2025 yang harus menyusun strategi yang terbaik,” papar Fahmi.

Fahmi juga menyampaikan pentingnya mengejar target PTSL namun yang tak kalah penting adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan, sehingga kedepannya tidak menimbulkan residu dan masalah di kemudian hari.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala BPN Paser Zubaidi menyampaikan pada HUT HANTARU ke-62 ini mengusung tema harmonisasi pertanahan dan tata ruang demi pembangunan yang berkelanjutan.

“Klau kita lihat dari temanya itu, terpenting mengenai pelayanan BPN dan kaitannya dengan tata ruang yang memang harus berkaitan, karena selama ini di tata ruang kita ini perlu di revisi utamanya di Paser,” jelasnya.

Selain itu, kata Zubaidi dilakukan penyerahan sertifikat kepada Pemda berupa aset Pemda yang berbentuk hibah. Seperti halnya penyerahan sertifikat tanah yang direncanakan untuk pariwisata Gunung Embun, di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu.

“Kita serahkan sertifikat tanah yang direncanakan untuk wisata Gunung Embun seluas 10 hektare. Kemudian ada penyerahan sertifikat hak pakai untuk tanah kas desa, yang berada di Desa Sungai Tuak, Pasir Belengkong, Songka dan lainnya. (adv)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.