Karutan Tanah Grogot Sosialisasikan Perpanjangan Asimilasi Rumah Bagi WBP

119

SOROTONLINE.COM – Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Tanah Grogot, Bayu Muhammad bersama Jajaran Struktural lakukan Sosialisasi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kamis, (5/1/2023).

Menurut Karutan Tanah Grogot, sosialisasi yang dilakukan tersebut yakni perpanjangan Program Asimilasi Rumah, dan ini menjadi angin segar bagi semua (WBP) di Rutan Tanah Grogot.

“Asimilasi Rumah diperpanjang hingga akhir Juli 2023, tapi hanya bagi yang memenuhi Persyaratan Substantif dan Administratif,” kata Bayu di Tanah Grogot Kabupaten Paser.

Menurutnya, hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor: M.HH-186.PK.05.09 TA 2022 tentang Penyesuaian Jangka Waktu Pemberlakuan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana dan Anak.

Dikatakan, asimilasi rumah merupakan program yang dicanangkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham), sebagai alternatif mengatasi kelebihan kapasitas Rumah Tahanan maupun Lembaga Pemasyarakatan yang tersebar di seluruh Penjuru Nusantara.

“Persyaratannya, Warga binaan kasus pidana umum dengan vonis hukuman di bawah 5 Tahun, bukan residivis dan kasus Narkoba vonis di bawah 5 Tahun,” ujarnya.

Selain itu kata dia, warga binaan jug sudah menjalani setengah masa hukuman. Jika syarat-syaratnya sudah terpenuhi, maka harus ada pihak keluarga yang menjadi jaminannya.

Masih ada syarat lain yang harus dipenuhi untuk diajukan program Asimilasi Rumah, , yakni berkelakukan baik, tidak menimbulkan permasalahan gangguan Keamanan & ketertiban, serta dengan penuh bersemangat mengikuti segala program pembinaan yang ada di rutan.

“Jadi untuk memperoleh asimilasi itu, warga binaan harus bisa memenuhi syarat yang sudah ditentukan, karena kami selalu memberikan penilaian WBP satu dengan lainnya sebagai dasar kami,” tuturnya.

Dalam kegiatan sosialisasi itu Karutan juga menghadirkan jajaran Keamanan, hal ini sebagai wujud sinergitas bersama, dimana antara keamanan dan pembinaan berjalan selaras beriringan.

“Pembinaan tidak akan dapat berhasil baik bila tidak didukung oleh keamanan, demikian pula sebaliknya,” sebutnya.

Menurutnya, Sejauh ini sudah ada 22 orang Warga Binaan yang memenuhi syarat dan langsung di usulkan guna peroleh Asimilasi dirumah.

Bayu berharap mereka yang sudah memenuhi persyarakatan administratif dan subtantif dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi masyarakat.

ā€œDiharapkan mereka yang langsung diusulkan (asimilasi) dapat memanfaatkan ini untuk bertaubat menjadi pribadi yang lebih baik. Dan segala pelayanan yang digalakan jajaran Rutan Tanah grogot gratis tanpa di pungut biaya sepeserpun,” pungkasnya. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.