Cegah Peredaran Narkotika, WBP Rutan Tanah Grogot Tes Urine Dadakan

183

SOROTONLINE.COM – Jajaran Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot menggelar operasi Test Urine dadakan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Aula Rutan, Rabu (28/12/2022).

Kegiatan itu sebagai langkah deteksi dini gangguan kemanan dan ketertiban dalam mewujudkan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Dipimpin langsung Kelapa Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad didampingi Kepala kesatuan pengamanan, test urine melibatkan puluhan WBP dari perwakilan blok blok hunian.

Menurut Bayu Muhammad, operasi tersebut merupakan upaya preventif yang dilakukan jajaran Rutan Tanah Grogot, khususnya dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Kita terus tingkatkan pengawasan keamanan dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru, untuk itu kita lakukan Test Urine secara acak kepada Warga binaan,” kata Bayu.

Dikatakan, pihaknya merespon serius perihal penyalahgunaan Narkotika, baginya tiada ruang di Negeri ini bagi para pengguna Narkotika.

“Pokoknya giat seperti ini akan terus kita gencarkan, untuk itu operasi seperti ini (test urine) kepada petugas dan WBP akan terus dilakukan, jadi jangan coba coba, tiada ampun,” tegasnya.

Dari 30 sampel WBP yang dites urine secara acak tiap blok hunian hasilnya menunjukkan seluruhnya negatif Narkotika.

“Kita bersyukur dan berkomitmen akan terus melanjutkan tren positif ini untuk mewujudkan pemasyarakatan yang maju,” terangnya.

Selain itu kata dia, guna menciptakan suasana aman dan kondusif dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru, jajaran Rutan Tanah Grogot juga melakukan pemeriksaan berkala.

“Pemeriksaan dilakukan di blok blok hunian, sarana dan prasarana, kelistrikan, razia blok hunian, serta gencar sosialisasi pentingnya menjaga stabilisasi didalam Rutan,” paparnya.

Untuk itu Bayu berharap dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini semuanya dapat berjalan dengan lancar dan kondusif dengan penuh kasih dan toleransi antar umat beragama.

“Karena perbedaan bukanlah halangan melainkan aset keberagaman bangsa,” pungkasnya. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.