Geliat Pembangunan di Paser, Jalan dan Jembatan Jadi Prioritas, Tugu Adipura Juga Dibangun

200

SOROTONLINE.COM – Geliat pembangunan di Bumi Daya Taka, Kabupaten Paser, Kaltim tiada henti dan terus di rasakan masyarakat setempat.

Rencananya tahun 2023 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser fokus pada pembangunan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan, Senin (6/3/2023.

Bupati Paser Fahmi Fadli mengatakan sesuai dengan visi misi, pembangunan akan mengarah dan menjadi prioritas pada infrastruktur jalan dan jembatan.

Sehingga pada tahun 2023 terdapat 28 link pengerjaan infrastruktur jalan dan jembatan yang akan dibangun pemerintah setempat.

Terkait pembangunan tersebut, Bupati sempat menceritakan pengalamannya saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah terisolir tepatnya di Desa Kepala Telake, Kecamatan Long Kali, ternyata akses ke desa itu belum ada jembatan yang dibangun.

“Dampaknya warga kita disana tidak bisa leluasa beraktivitas terutama kalau mau ke kota, mereka harus berjuang menyebrangi sungai terlebih dahulu karena tidak ada jembatan,” kata Bupati Paser dr Fahmi Fadli.

Menurutnya, untuk mengatasi masalah seperti itu Pemkab Paser mengalokasikan anggaran sebesar Rp630 miliar guna perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di beberapa wilayah Kabupaten Paser tahun ini, termasuk di pelosok.

Upaya Pemkab Paser membangun infrastruktur sebagai komitmen Bupati dan Wakil Bupati Paser dalam mewujudkan Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera (MAS).

Dikatakan, selain pembangunan jalan dan jembatan, Pemkab Paser juga berencana membangun Tugu Adipura di Taman Siring Kandilo, Kecamatan Tanah Grogot.

Pembangunan Tunggu tersebut terkait dimana sebelumnya Kabupaten Paser mendapat penghargaan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Rencana pembangunan tugu itu kata Fahmi sudah disampaikan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Paser, dan alasan dipilihnya Taman Siring Kandilo untuk pembangunan Tugu Adipura, karena lokasi tempat berkumpulnya warga.

“Dengan adanya Tugu Adipura, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan, mereka secara tidak langsung termotivasi dan sadar akan kebersihan, sehingga akan turut menjaga dan tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.