Bupati Fahmi Pimpin Upacara Bendera Peringati 115 Tahun Harkitnas 2023, Jadikan Momentum Harkitnas Untuk Mewujudkan Paser MAS

226

SOROTONLINE.COM – Bupati Paser dr Fahmi Fadli memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Paser, Senin (22/5/2023).

Berlangsung di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, Bupati Paser membacakan pidato Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, HM. Mahfud MD.

Dalam pidato Menkominfo yang dibacakan Fahmi pada peringatan Harkitnas 2023, disampaikan antara lain, barisan perjuangan rakyat harus tetap rapat dan terus bergerak maju untuk bangkit, menuju Indonesia Emas 2045.

Harkitnas ke-115 dimaknai sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi, selain itu juga bermakna bahwa memperingati perjuangan bersama dalam menerapkan nilai-nilai persatuan.

Termasuk nilai kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional, yaitu kepemimpinan Indonesia pada forum G20 dan ASEAN di tahun 2023.

Dalam pidato yang dibacakan Bupati mengatakan, seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.

Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Sejak saat itu kata Fahmi gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Didirikan oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu.

Di samping itu, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni : Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan nusa dan bangsa, serta Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Mengusung tema Semangat Untuk Bangkit tentunya menjadi momentum yang baik dan sejalan dengan Visi Pemerintah dalam mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera) yakni mensejahterakan masyarakat.(adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.