Hadiri Rapat Dilkumjakpol Plus, Kepala Rutan Tanah Grogot: Kita Ingin yang Terbaik Dalam Mewujudkan Keadilan Hukum

251

SOROTONLINE.COM – Kepala Rutan Grogot, Bayu Muhammad menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi DILKUMJAKPOL PLUS Tahun 2023 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim (23/5/2023).

Berlangsung di Hotel Aston Samarinda, kegiatan dibuka langsung Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim, Sofyan dihadiri jajaran Pemasyarakatan di Lingkungan Kemenkumham Kaltim serta APH terkait di Provinsi Kaltim.

Rakor DILKUMJAKPOL PLUS adalah sebuah forum yang mempertemukan para aparat penegak hukum yaitu Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan dan Kepolisian Plus Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Timur.

Keberadaan Aparat Penegak Hukum tidak saja penting namun juga harus saling terintegrasi dalam suatu Sistem Peradilan Pidana Terpadu, dimana masing-masing sub sistem tersebut mempunyai kewenangan dan tugas masing-masing.

Forum DILKUMJAKPOL bukan forum saling mengintervensi antar lembaga penegak hukum, namun bertujuan untuk menyusun langkah penyelesaian bersama dalam rangka sinkronisasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang berkaitan dengan penegakan hukum dalam rangka pembinaan terpadu.

Dalam rapat tersebut yakni membahas terkait upaya penanganan overstaying pada Lapas/Rutan/LPKA yang bertujuan untuk mewujudkan persamaan persepsi antara Penegak Hukum dalam Ketatalaksanaan Sistem Peradilan Pidana.

Hal itu guna mewujudkan harmonisasi dan sinkronisasi dalam upaya penegakkan Hukum dan HAM, memenuhi rasa keadilan masyarakat dalam penegakkan Hukum dan HAM, menghindari penyalahgunaan wewenang dalam proses penegakkan Hukum.

Sementara itu, Kepala Rutan Grogot, Bayu Muhammad berharap melalui koordinasi ini terjalin sinergitas yang lebih baik antar Lembaga Penegak Hukum.

“Kita selalu ingin yang terbaik dalam mewujudkan keadilan hukum yang merata khususnya bagi masyarakat,” kata Bayu Muhammad.

Sehingga kata Bayu, perlu adanya persamaan persepsi antar Lembaga Penegak Hukum dalam mewujudkan hal tersebut dan menciptakan layanan hukum yang berkualitas bagi masyarakat. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.