Menerima Kunjungan, Bupati Paser Berpesan Agar Tim Terpadu Bekerja Profesional dan Melihat Kondisi Riil Lapangan

224

SOROTONLINE.COM – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menerima kunjungan Tim Terpadu Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kaltim di Rumah Jabatan Bupati Jl Kusuma Bangsa, Tanah Grogot, Selasa (23/5/2023).

Kedatangan Tim Terpadu dalam rangka mereview RTRW Kabupaten Paser apakah lahan garapan dan pemukiman masyarakat yang masuk dalam kawasan Cagar Alam (CA) layak dilepaskan atau tidak.

Jika layak, maka seluruh pemukiman dan lahan garapan masyarakat akan bebas dari cagar alam.

Sekitar 56.000 ha usulan dari Kabupaten Paser yang akan direview atau ditinjau oleh Tim Terpadu.

Wilayah yang akan direview atau ditinjau oleh Tim Terpadu yaitu Long Kali, Long Ikis,Kuaro,Tanjung Harapan,Muara Samu, Batu Engau dan Batu Kajang.

Jangka waktu yang diperlukan Tim Terpadu untuk melakukan peninjauan cukup panjang yaitu 10 hari, setelah itu dilakukan tahapan rapat pleno oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara pada kesempatan tersebut Bupati Fahmi berpesan agar Tim Terpadu bekerja secara profesional dan melihat kondisi riil di lapangan.

Selain itu Bupati Paser berharap agar pemukiman warga yang ada di kawasan CA bisa dibebaskan sehingga tidak terisolir lagi.

“Jika bisa bebas dari Cagar Alam maka pembangunan di Kabupaten Paser bisa lebih fokus lagi, dan ini sejalan untuk mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera), kata Bupati Fahmi.

Untuk diketahui, dalam acara itu Bupati Fahmi didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Hasanuddin, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Toto Ifrianto serta Kabid Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Nanuk Bramantyo. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.