Ikut Kegiatan Indonesia Maju Expo & Forum 2023, Bupati Paser: Kami Siap Mendukung Pemerintah Pusat

392

SOROTONLINE.COM Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengikuti kegiatan Indonesia Maju Expo & Forum 2023 di Parkir Selatan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (1 /06/ 2023).

Expo ini kata Fahmi sangat edukatif dan banyak pengalaman baru yang didapatkan setelah melihat program yang disampaikan pemerintah pusat.

Bupati Fahmi akan membangun sinergi dengan pemerintah pusat, pelaku usaha dan UMKM untuk mensukseskan program Indonesia Maju.

Hal ini sesuai Instruksi Presiden No 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

“Kami siap mendukung pemerintah pusat dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, kata Fahmi usai Indonesia Maju Expo & Forum 2023 di Jakarta.

“Di Paser, pemerintah daerah juga terus mendorong dinas terkait dan dekranasda agar terus mengembangkan dan memasarkan produk lokal, hal ini juga guna mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera,” tambahnya.

Selain itu Fahmi juga mengakui, kalau kegiatan Indonesia Maju Expo & Forum 2023 adalah pengalaman dan ilmu baru bagi pemerintah Kabupaten Paser.

“Ini adalah pengalaman baru bagi kita khususnya dalam hal transformasi ekonomi dan nasionalisme untuk Indonesia yang berkelanjutan,” terangnya.

Dikatakan, setiap kepala daerah diminta membantu mendorong penggunaan anggaran belanja pengadaan barang dan jasa yang pro produk nasional.

Termasuk juga mendukung program pemulihan ekonomi nasional dengan memperkuat penggunaan produk dalam negeri.

“Cinta dan bangga pakai produk Indonesia wajib ditanamkan oleh masyarakat Indonesia. Ini nanti yang akan terus diupayakan di Kabupaten Paser,” ungkapnya.

Disebutkan, ada berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) yang perlu dipelajari di pameran expo ini.

Oleh karena itu Fahmi mengajak perangkat daerah terkait untuk hadir dalam kegiatan expo tersebut sampai selesai, yang dilaksanakan selama 4 hari.

“Beberapa pejabat perangkat daerah terkait sudah saya arahkan agar turut hadir dan belajar langsung di expo kali ini,” karena ada berbagai yang dipamerkan, mulai dari rasa, kemasan, hingga pemasarannya melalui berbagai platform media digital,” terangnya.

Dikatakan, sesuai program pemerintah pusat, Kabupaten Paser akan terus mendorong pelaku UMKM, dunia usaha, dan masyarakat agar bangga dengan produk lokal dalam negeri.

Sementara itu, pada kegiatan expo peserta mendapat wadah dialog, belajar, serta sosialisasi transformasi ekonomi digital bagi pemerintah daerah (pemda), pebisnis, dan masyarakat umum.

Ekonomi digital sen yakni memanfaatkan internet hingga kecerdasaan buatan. Pergeseran ini memicu dunia usaha untuk mengubah pola kegiatan ekonominya ke arah digital.

Partisipasi pengusaha daerah dalam transformasi ekonomi digital di Indonesia perlu ditingkatkan dan kepala daerah memiliki peran penting.

Expo yang bertepatan bulan Pancasila, maka juga mengangkat pentingnya nilai-nilai nasionalisme dalam dunia usaha.

Tujuannya, guna menciptakan dunia usaha yang berorientasi memajukan perekonomian bangsa yang beriringan dengan pengembangan kapasitas dunia usaha itu sendiri.

Terpisah, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Imran menyampaikan di expo ini ada kuliner pangan lokal ditampilkan, termasuk juga festival sambal nusantara yang menampilkan aneka sambal.

“Diharapkan acara Ini bukan hanya fokus pada seremonial dan pemeran UMKM, tapi mari kita berkolaborasi menciptakan ekonomi lokal baru dan tidak bergantung pada APBN,” kata Imran.

Terkait expo, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ferry Irawan mengatakan, tema kegiatan sangat pas dengan program Bappenas.

Expo itu kata dia penting, karena kondisi eksternal ekonomi global belum pulih 100 persen. Indonesia juga menargetkan agar bisa jadi kekuatan ekonomi empat besar dunia.

Untuk diketahui, kegiatan Indonesia Maju Expo dan Forum 2023 diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka mempromosikan potensi dan produk-produk unggulan daerah. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.