Personil Prison Art Institute Band Rutan Tanah Grogot Ikrar Anti Narkoba Diatas Panggung

836

SOROTONLINE.COM – Prison Art Institute Band Besutan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot, hadir pada penutupan Expo di Lapangan Gentung Temiang, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, (10/6/2023).

Pada acara tersebut, Prison Art Institute Band binaan yang digagas langsung Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad melakukan hal yang tidak biasa. Band itu mengkolaborasikan seni musik dan puisi serta ikrar anti narkoba.

Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad mengatakan, para personel band sengaja memanfaatkan kesempatan ini untuk mengglorifikasikan komitmen jajaran pemasyarakatan untuk menyatakan perang terhadap narkoba.

“Ini merupakan wujud komitmen kuat kita dalam menyatakan perang melawan narkoba, untuk itu saya memanfaatkan betul kesempatan ini untuk mengajak masyarakat bersama bersatu say no to drug dengan cara yang sedikit berbeda,” kata Bayu.

Dikatakan, dalam proses pelaksanaan, dirinya terus berkoordinasi dan mendapatkan dukungan dari Pimpinan Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur melalui Standard Operasional Prosedur.

“Sudah jelas ya dikatakan melalui UU Pemasyarakatan yang baru (22 Tahun 2022) warga binaan diberikan ruang lingkup sebebas-bebasnya dalam mengasah potensi dan kreatifitasnya,” ujarnya.

“Saya juga selalu melaporkan apa saja yang terjadi kepada pimpinan, dan kami mengucapkan terimakasih kepada panitia sudah memberikan kesempatan ini, karena kami sangat membutuhkan moment seperti ini,” sambungnya.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini kata Bayu, tentunya mengubah persepsi masyarakat tentang penjara dan Warga binaan, karena sejatinya warga binaan adalah mahluk sosial yang bisa berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu, Nizar salah satu personil Prison Art Institute mengaku sangat bersyukur dan tak menyangka Rutan Tanah Grogot akan mensupport warga binaan seribu persen, dan mengaku senang bisa memimpin deklarasi Anti Narkoba di tengah panggung.

“Ucapan terimakasih tak terhingga saya sampaikan kepada bapak Kepala Rutan bapak Bayu, saya tidak menyangka akan ada sosok pemimpin yang mendukung program pembinaan seperti ini,” kata Nizar.

“Saya berdoa semoga bapak sehat dan sukses selalu, saya dan teman-teman berjanji akan menjadi lebih baik lagi dan berguna untuk masyarakat,” tambahnya. (*/rsd)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.