Dihadapan Bupati Fraksi PKB Paser Minta Pemda Prioritaskan Kesejahteraan Rakyat

107

SOROTONLINE.COM – Sejumlah Fraksi di DPRD Kabupaten Paser, Kaltim menyampaikan pemandangan umum terkait Raperda APBD Kabupaten Paser tahun 2024. Senin (16/10/2023).

Berlangsung di Balling Seleloi Sekretariat DPRD Paser, Penyampaian Fraksi itu setelah Bupati Paser Fahmi Fadli membacakan Nota Keuangan Raperda Kabupaten Paser tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 pada Rapat Paripurna.

Anggota DPRD Paser Fraksi PKB Indra Pardian dalam penyampaiannya memberikan sejumlah catatan penting setelah membaca dan mencermati penyampaian Bupati Paser tentang Nota Keuangan Raperda APBD Tahun 2024.

“Penyusunan APBD Tahun 2024 harus sejalan dengan upaya Pemda dalam percepatan pembangunan infrastruktur yang berkualitas,” kata Indra.

“Segala aspek perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan evaluasi APBD oleh Pemda harus mengacu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Paser,” sambungnya.

Dikatakan, guna mendorong penguatan ekonomi berbasis keluarga, lingkungan, masyarakat dan komunitas, pemerintah daerah harus memberi ruang tumbuhnya inovasi dari berbagai sektor produktif.

“Serta memprioritaskan program-program yang menyangkut kepentingan kesejahteraan masyarakat, terutama pendidikan dan kualitas layanan kesehatan,” ujarnya.

Selain memberi catatan penting, Fraksi PKB Paser juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Paser yang telah menyelesaikan tahapan perencanaan pembangunan daerah untuk tahun 2024 sesuai batasan waktu yang telah ditentukan oleh regulasi.

Disebutkan, rencana APBD Kabupaten Paser pada tahun anggaran 2024 mencapai Rp3,9 triliun lebih, sehingga diharapkan dapat menyelesaikan target pembangunan.

“Kami berharap agar besarnya anggaran itu dapat menyelesaikan target pembangunan daerah, sesuai visi-misi Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera (MAS) khususnya target yang belum tuntas,” harapnya.

Ia juga menyinggung soal pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim yang akan berdampak pada daerah sekitar, seperti Paser yang nantinya akan menjadi salah satu daerah penyangga.

Kabupaten Paser nantinya kata dia turut berperan serta dalam percepatan pembangunan kawasan IKN yang mencakup semua aspek pembangunan.

“Mulai dari bidang ekonomi, infrastruktur, transportasi, SDM dan permintaan hasil pertanian dan perternakan,” terangnya.

Kepada Pemkab Paser, Fraksi PKB Paser meminta menyiapkan strategi di tahun 2024, guna menangkap berbagai peluang sebagai mitra strategis IKN. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.