Rapat Paripurna DPRD Paser, Fraksi Nasdem Beri Sorotan Khusus Pada Pemda

109

SOROTONLINE.COM – Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Paser sampaikan pandangan umum terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Paser tahun 2024, Senin (16/10/2023).

Dalam Rapat Paripurna di Balling Seleloi Sekretariat DPRD Paser, Anggota DPRD Paser Fraksi Nasdem, Aji Jarnawi, memberikan sorotan khusus kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Paser.

Yakni terkait proyeksi Surplus/Defisit Anggaran (SILPA) yang diproyeksikan pada Raperda APBD Tahun 2024 sebesar Rp600 miliar. Angka ini, menurut Aji, mengalami penurunan dibandingkan dengan SILPA pada Tahun 2023 yang mencapai Rp966 miliar lebih.

Hal ini disampaikan setelah Bupati Paser Fahmi Fadli membacakan Nota Keuangan Raperda APBD 2024 pada Rapat Paripurna di Balling Seleloi Sekretariat DPRD Paser.

“Sorotan kami tertuju pada penurunan proyeksi SILPA. Kami ingin memahami alasan di balik penurunan ini dan bagaimana strategi Pemerintah Daerah untuk menjaga stabilitas keuangan daerah di tengah perubahan tersebut,” kata Aji.

Diakui, menyoroti target Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2024 agar harapan mencapai 74 persen. Sehingga diharapkan mengetahui langkah strategis yang akan diambil Pemerintah Daerah dalam meningkatkan IPM.

“Terutama dalam pencapaian angka rata-rata lama sekolah dan angka harapan lama sekolah di sektor pendidikan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Fraksi Nasdem juga mempertanyakan proyeksi pajak daerah yang mencapai Rp36 miliar lebih, mengalami penurunan dibanding proyeksi pajak daerah pada perubahan APBD Tahun 2023 yang mencapai Rp97 miliar lebih.

“Kami ingin memahami alasan di balik penurunan proyeksi pajak daerah dan bagaimana Pemda Paser berencana meningkatkan efisiensi dalam penerimaan pajak daerah di tahun 2024,” jelasnya.

Selain itu, Fraksi Nasdem juga menyoroti Raperda APBD 2024 terkait Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Mengingat pentingnya memastikan bahwa anggaran yang diajukan benar-benar mengarah pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pandangan umum Fraksi Nasdem menjadi satu bagian dari sorotan luas DPRD Paser terhadap Raperda APBD 2024, harapannya dapat menjadi bahan evaluasi Pemkab Paser guna menyempurnakan dan mengoptimalkan rencana pembangunan daerah. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.