Santri Milenial Samarinda Siap Dukung Ganjar-Mahfud Pada Pilpres 2024

278

SOROTONLINE.COM – Santri Milenial Samarinda secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo – Mahfud MD sebagai Capres dan Cawapres di Pemilu 2024.

Deklarasi dukungan kepada pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan itu dilangsungkan di Jalan Juanda Kota Samarinda, Kaltim, Sabtu (28/10/2023) malam.

Ketua DPC Baitul Muslimin Indonesia KH Ali Mahmudi menyampaikan, deklarasi yang dirangkai dengan Maulid Nabi Muhammad SAW ini menekankan soal kepemimpinan termasuk mendorong santri memilih pemimpin seperti kriteria yang ditetapkan Rasulullah SAW.

“Indonesia penduduknya mayoritas muslim, apalagi momen maulid ini, kemudian kita meningkatkan ketaqwaan kepada Nabi SAW dan Ganjar-Mahfud ini hidup dari pesantren,” terangnya.

Kyai Ali juga yakin, keduanya memiliki kedekatan dengan santri jika dibandingkan dengan paslon lainnya. Karena Ganjar merupakan menantu seorang kyai, sementara Mahfud MD dulunya santri.

“Kita mencari seorang sempurna tidak bisa, tetapi Ganjar-Mahfud punya nilai tersendiri. Tidak ada keraguan mendukung pasangan ini, Pak Jokowi juga pernah menyampaikan dukungan, selaras dengan apa yang sudah dikatakannya yakni pemimpin memang harus memikirkan rakyatnya,” tuturnya.

Dukungan yang diberikan tidak terlepas dari partai yang mengusung, Kyai Ali beranggapan PDIP dikenal dengan sikap nasionalismenya yang tak bisa dipisahkan begitu saja, karena merupakan bagian sejarah.

“Antara nasionalis-religius tidak bisa dipisahkan. Soekarno tak bisa lepas dari kyai dan pesantren, untuk Indonesia lebih kuat dan tegak,” papar Kyai Ali mengakhiri.

Ketua Himpunan Santri Nusantara Kaltim sekaligus penggagas kegiatan itu, Asman Aziz  menjelaskan alasan dukungan para Santri Milenial kepada Ganjar-Mahfud dikarenakan merupakan pasangan Capres-Cawapres yang mewakili kalangan nasionalis-religius.

Serta segaris dengan representasi sejarah dimana dua kalangan itu selalu memimpin dan membawa Indonesia semakin maju ke depannya.

“Keduanya tidak bisa dipisahkan dari nasionalis-religius, saya kira itulah alasan kenapa teman-teman santri milenial memberi dukungan untuk Ganjar-Mahfud MD menjadi pemimpin nasional,” jelas Asman.

Pembangunan yang sudah dilakukan Presiden sebelumnya diyakini akan tetap dilanjutkan, yang akan terus membangun apalagi dengan keberadaan Ibu Kota Negara Nusantara di Kaltim.

Membangun infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM) juga menjadi konsen keduanya, Asman yakin prosesnya akan berjalan adil dan tidak menyingkirkan masyarakat lokal, adat maupun sekitar IKN.

“Saya kira keduanya, baik itu Ganjar maupun Mahfud pasti punya konsen membangun apa yang telah berjalan serta melibatkan kaum muda dan kalangan santri untuk kemudian bisa jadi bagian pembangunan ke depan yang akan masif di IKN,” tutup Asman. (*/adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.