Anggota DPRD Paser Ajak Maknai Hari Pahlawan dengan Semangat Perjuangan dan Rasa Syukur

79

SOROTONLINE.COM – Hari Pahlawan diperingati setip tanggal 10 November, untuk mengenang jasa para pejuang bangsa.

Anggota DPRD Paser, Lamaludin mengatakan pada momentum Hari Pahlawan tahun ini kembali diingatkan dan mengenang jasa-jasa pahlawan terdahulu.

Dikatakan, Hari bersejarah itu, mengenang tragedi pertempuran yang terjadi di Surabaya 10 November 1945 silam. Sehingga Hari Pahlawan diperingati setip tanggal 10 November, guna mengenang jasa para pejuang.

“Mereka sudah bersusah payah berjuang dengan jiwa dan raganya untuk memerdekakan Indonesia,” kata Lamaludin usai mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan, di Halaman Kantor Bupati Paser, Jumat (10/11/2023).

Lamaludin mengharapkan agar generasi muda sekarang ini, harus benar-benar bisa memahami makna dari perjuangan dari para para pahlawan dan isi dari kemerdekaan itu.

“Jadikan hari pahlawan sebagai momentum untuk introspeksi diri, dengan lebih memahami tentang sejarah pahlawan bangsa Indonesia dari seluruh pelosok negeri,” imbuhnya.

Pada peringatan kali ini mengangkat tema, Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.

Tema tersebut dinilai sudah sesuai dengan kondisi saat ini, dengan masifnya perkembangan teknologi dan peredaran informasi.

“Agar terpatri dalam jiwa semangat kepahlawanan kepada para generasi penerus bangsa, untuk membangun negeri,” ujarnya.

Selain itu, hari pahlawan juga harus dimaknai dengan rasa syukur atas jasa para pahlawan yang dalam sejarahnya tidak lepas dari peran para ulama yang turut serta berjuang mempertahankan Negara Republik Indonesia.

Dengan bersama-sama menanamkan semangat para pejuang, yang dengan suka rela tanpa pamrih berjuang dan berkorban demi negara.

“Jika tidak menghargai mereka (pahlawan), itu merupakan suatu kesalahan. Karena apa yang kita nikmati saat ini, merupakan buah dari kesediaan mereka dalam mengorbankan apa yang dimiliki,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.