Digelar di Paser, Hendra Wahyudi Inginkan Road Race Tingkat Nasional Terlaksana Sesuai Harapan

246

SOROTONLINE.COM – Road race tingkat nasional bakal digelar di Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim, kegiatan tersebut diinisiasi Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Paser.

Rencana tersebut berawal dari Rakerda Provinsi Kaltim, yang mengharapkan Pengcab IMI Paser menggelar kegiatan otomotif di wilayah Bumi Daya Taka tahun 2023.

Ketua IMI Paser Hendra Wahyudi mengatakan, Pengcab IMI Paser menyambut baik permintaan pelaksanaan Road race tingkat nasional dilangsungkan di Paser.

“Permintaan itu langsung kami sambut, dan disesuaikan dengan jadwal hari ulang tahun Kabupaten Paser pada Desember mendatang, kita gelar antara tanggal 9 dan 10,” kata kata Hendra Wahyudi, Rabu (15/11/2023).

Menurut Hendra Wahyudi yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Paser mengatakan, pelaksanaan road race tersebut rencananya akan digelar di lingkungan Stadion Sadurengas Tanah Grogot.

“Untuk pesertanya, kami open dalam artian dari daerah mana saja bisa mengikuti road race yang akan kami selenggarakan. Baik dari Provinsi Kaltim, Kalesl, Kalbar bahkan sampai ke nasional,” tambahnya.

Sejauh ini, kata dia pihaknya masih terkendala dari sirkuit atau rute yang dibutuhkan masih kurang memadai, lantaran masih menggunakan jalan umum.

Imbasnya, pihaknya harus menggunakan ongkos yang lebih besar dalam mempersiapkan segala sesuatu dari nol dalam pelaksanaan road race tersebut.

“Harapannya kedepan, pemerintah bisa memfasilitasi para pegiat otomotif untuk dibuatkan sirkuit, apalagi Paser akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov Kaltim 2026,” terangnya.

Dikatakan, dengan sirkuit yang akan digunakan pihaknya hanya bisa meminilisir terjadinya insiden.

“Rutenya cukup menantang, mulai dari turunannya, ada gundukan, lubang-lubang, apalagi saat keluar trek langsung berhadapan dengan parit,” paparnya.

Mulanya, pihaknya memiliki dua opsi untuk pelaksanaan road race tersebut diantaranya jalur 2 Jalan Jendral Sudirman, Tanah Grogot dan Lingkungan Stadion Sadurengas.

Pada akhirnya, IMI Paser memutuskan memilih lingkungan Stadion Sadurengas dengan beberpa pertimbangan.

“Kalau kita adakan di jalur 2, banyak fasilitas umum pemerintah yang sudah cukup bagus, makanya kita minimalisir terjadinya kerusakan fasilitas umum itu,” ulasnya.

IMI Paser menargetkan 500 peserta yang akan ikut pada pelaksanaan road race tersebut, dengan 22 kelas yang dipertandingkan.

“Kami lebih fokus ke kelas lokal Paser, karena bagi kami event ini merupakan pesta rakyat Paser jadi masyarakat harus merasakan apalagi pembalap dari Bumi Daya Taka,” terangnya.

Hendra Wahyudi mengatakan, hingga saat ini persiapan terus berjalan dan diharapkan pada hari yang sudah dijadwalkan bisa terlaksana dengan baik sesuai harapan.

“Persiapan terus berjalan, dan secara kelembagaan kami juga sangat mendukung kegiatan ini terlebih Paser nanti menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov Kaltim 2026,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.