Bankaltimtara Diminta DPRD Paser Proaktif Lakukan Pendekatan Pada Pelaku UMKM

166

SOROTONLINE.COM – DPRD Kabupaten Paser melaksanakan Paripurna Persetujuan Raperda Kabupaten Paser Perubahan atas Perda nomor 1 tahun 2022, tentang penambahan penyertaan modal di Bankaltimtara, Kamis (16/11/2023).

Berlangsung di Sekretariat DPRD Paser, Sekretaris Pansus 1 DPRD Paser Edwin Santoso mengatakan, Pansus 1 DPRD Paser bersama Pemkab Paser telah melaksanakan beberapa kali Rapat Dengar Pendapat (RDP) untuk mengkaji, mempelajari dan membahas Raperda penyertaan modal Bankaltimtara.

Dikatakan, berdasarkan hasil kajian analisis investasi yang dilakukan Pemkab Paser, maka dinilai layak merealisasikan pemenuhan penyertaan modal berdasarkan kemampuan keuangan daerah melalui APBD tahun 2023.
“Jadi tahun 2025 senilai Rp45 miliar dengan setoran modal tiap tahunnya Rp15 miliar,” kata Edwin dalam acara paripurna.

Adanya penambahan penyertaan modal tersebut kata dia, Bankaltimtara diharapkan dapat ikut membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Paser.

“Supaya lebih aktif lagi melakukan pendekatan kepada masyarakat yang berada di pedesaan, dan para pelaku UMKM sehingga dapat meningkatkan rasio kredit usaha yang ada di Paser,” ujarnya.

Selain itu, Edwin juga mengharapkan program CSR Bankaltimtara dilakukan secara tepat dan jelas peruntukannya untuk kebutuhan masyarakat Paser. Bankaltimtara juga diminta ikut serta pada setiap event yang diselenggarakan oleh Pemkab Paser.

“Dari laporan Pansus I itu, pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Paser terhadap Raperda Kabupaten Paser tentang perubahan atas Perda Nomor 1 tahun 2022 tentang penambahan penyertaan modal pada Bankaltimtara disetujui bersama,” jelasnya.

Diungkapkan, fraksi yang ada di DPRD Paser dengan penuh tanggung jawab dalam menjalankan fungsi pembentukan Perda telah mengamati dengan seksama hasil pembahasan terhadap Raperda tersebut.

Pada dasarnya DPRD Paser, kata Edwin  mendukung upaya Pemkab Paser dalam melakukan perubahan atas Perda Nomor 1 tahun 2022.

“Hal ini karena perubahan tersebut bertujuan untuk meningkatkan penyertaan modal pada Bankaltimtara, yang merupakan langkah yang penting dalam mendukung perkembangan lembaga perbankan daerah,” ulasnya.

Dijelaskan, Bankaltimtara memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Paser dan sekitarnya.

Sehingga dianggap, peningkatan penyertaan modal pada Bankaltimtara akan membantu bank berplat merah tersebut untuk lebih solid dan stabil dalam menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat.

“Hal ini juga akan meningkatkan kapasitas bank dalam memberikan kredit kepada pelaku usaha lokal, yang pada gilirannya dapat membantu memajukan sektor ekonomi daerah,” pungkasnya Edwin.

Untuk diketahui, pada paripurna kali ini ada yang berbeda, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi beserta anggota DPRD Paser lainnya menggunakan syal bendera Palestina, hal itu sebagai bentuk kepedulian terhadap kemanusian. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.