DPRD Paser Apresiasi Pemkab Dalam Peningkatan SDM

62

SOROTONLINE.COM – Ketua DPRD Paser, Hendra Wahyudi mengapresiasi kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dalam peningkatkan SDM di daerah.

Dikatakan, sebelumnya Pemkab Paser melalui Disdikbud Paser menjalin kerjasama dengan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda (UWGM) dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kerjasama tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2024, sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

“Langkah yang dilakukan Pemkab Paser sudah tepat dalam meningkatkan SDM, apalagi IPM kita di sini (Paser) masih rendah di angka 74,56 pada tahun 2023,” kata Hendra, Jumat (3/5/2024).

Angka IPM tersebut dirincikan meliputi, Rata-rata Lama Sekolah (RLS) 8,91 tahun, Harapan Lama Sekolah (HLS) 13,37 tahun, Umur Harapan Hidup (UHH) 72,99 tahun, dan Pengeluaran Per Kapita (PPK) sebesar Rp11.651.000.

“Kalau dibandingkan dengan nilai rata-rata IPM pada 10 kabupaten kota di Kaltim, mereka di angka 78,20 dan Paser termasuk yang rendah diangka 74,56,” tambahnya.

Pada tahun 2023, angka RLS di Kabupaten Paser hanya 8,91 tahun atau cuman sampai kelas 2 di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sementara, angka HLS di Paser hanya bisa tamat sekolah hanya sampai di jenjang studi Diploma 1 atau cuman mengenyam pendidikan sampai 13 tahun.

“Terdapat kesenjangan antara RLS dengan HLS, dalam artian berada pada posisi antara kenyataan dan harapan,” sebutnya.

Namun dalam mengatasi kesenjangan tersebut, dapat dicapai dengan melakukan intervensi kebijakan dan tindakan berupa program tertentu.

Solusi untuk menggapainya atau bahkan melebihi harapan tersebut, sudah sepatutnya Pemkab Paser menjalankan program RPL.

“Harus dirancang sebaik mungkin agar ada jembatan menggapai harapan antara RLS dan HLS, tentu diiringi dengan pembangunan serta perbaikan bangunan sekolah dan meningkatkan SDM di Paser,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.