Raih WTP ke-11, Bupati Paser Berpesan Agar Tindaklanjuti Rekomendasi BPK

70

SOROTONLINE.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan tahun 2023.

Predikat tersebut diperoleh dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, hal itu sekaligus WTP kesebelas kalinya diterima Pemkab Paser.

Atas raihan itu, Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengapresiasi dan menilai hal tersebut merupakan hasil buah kinerja semua unsur Pemkab Paser.

Dikatakan, predikat WTP tidak terlepas dari sinergitas antara Sekretaris Daerah, Asisten, kepala Perangkat Daerah terkait, seperti Inspektorat, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

“Ini menjadi motivasi semoga bisa dipertahankan tahun berikutnya,” kata Bupati Fahmi, Sabtu (4/5/2024).

Opini WTP yang diberikan BPK di Samarinda kata dia, merupakan bentuk komitmen Pemkab untuk mewujudkan tata kelola keuangan pemerintah yang akuntabel.

Fahmi menyebut, tata kelola keuangan yang akuntabel telah diterapkan Pemkab Paser mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi atas pekerjaan yang sudah dilaksanakan.

“Manfaat dari LHP BPK itu bukan ditentukan oleh besarnya temuan pemeriksaan, tetapi lebih kepada bagaimana tindak lanjut terhadap temuan pemeriksaan,” terangnya.

Untuk itu, apa yang dihasilkan oleh Tim Pemeriksa BPK di lapangan dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai perbaikan.

Menurutnya, opini WTP Tahun Anggaran 2023 ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk mempertahankan serta meningkatkan lagi apa yang menjadi tindak lanjut dari BPK.

Kepada perangkat daerah Bupati Fahmi berpesan agar dapat menindaklanjuti perbaikan yang direkomendasikan BPK Provinsi Kaltim paling lambat 60 hari.

Bupati Fahmi mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran atas sinergitas dan kerja keras bersama, Paser bisa kembali meraih Opini WTP yang ke sebelas kalinya.

“Terima kasih kepada semua jajaran atas sinergitas dan kerja keras bersama, Paser bisa kembali meraih Opini WTP yang ke sebelas kalinya, ini sangat luar biasa,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.