Operasi Pasar Warnai Aneka Jenis Sayur Mayur

307

SOROT – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Paser menggelar operasi pasar, Jum’at (20/4/18), di halaman Distan, Jalan RA Kartini Tanah Grogot. Kegiatan itu diwarnai aneka jenis sayur mayur yang tampil seperti cabai, jagung, labu, terong dan buah pisang siap untuk dijual.

Kepala Distan Paser, Boy Susanto mengatakan , operasi pasar itu guna menampung hasil pertanian para petani di Kabupaten Paser. Sebelumnya, kegiatan serupa juga sempat digelar namun akhirnya terhenti, oleh karena itu Distan kembali berupaya menggalakkan.

“Operasi pasar untuk menampung hasil para petani dari beberapa kecamatan, sebenarnya dulu sempat jalan tapi terhenti, untuk itu kedepan kegiatan ini akan digalakkan kembali,” kata Boy.

Kegiatan operasi pasar itu kata Boy, mendapat respon yang cukup tinggi dari warga, terutama para ibu rumah tangga yang memburu kebutuhan dapur, sehingga pihaknya berharap agar kelompok tani yang belum berpartisipasi dapat memanfaatkan operasi pasar itu.

“Hasil tani yang dijual ini merupakan barang langsung dari tangan petani, sehingga harga yang dibandrol sangat terjangkau pembeli,” ucapnya.

Selain itu, Distan Paser juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan bibit pohon holtikultura seperti bibit durian, mangga dan jeruk untuk dibagikan kepada masyarakat dan petani.

“Jika kedepan memang dibutuhkan bibit-bibit tersebut, Distan Paser akan menyiapkan sebuah kawasan untuk penangkaran pengembangan bibit holtikultura,” jelasnya. (kfp/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.