Tercatat 4 PDP di Paser, Berikut Riwayat Perjalanan Mereka

583

SOROT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur mencatat 4 pasien RSUD Panglima Tanah Grogot berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) terkait COVID-19 per 24 Maret 2020, pukul 8.00 WITA.

“Kemarin ada tiga tambahan PDP yang masuk ke RS Panglima Sebaya, jadi total pasien yang dirawat sebanyak 4 orang,” kata Kepala Dinkes Paser Amir Faisol dalam konferensi pers, Selasa (24/3/2020).

Dengan demikian kata Amir, tercatat 7 Pasien, namun 3 diantaranya yakni pasien 1, 2 dan 3 sudah dipulangkan karena dinyatakan sehat, sementara 4 pasien atau pasien 4, 5, 6 dan 7 masih dalam perawatan di RSUD Panglima Sebaya.

“Pasien yang dinyatakan pulang sebanyak 3 orang, kemudian yang menjadi kewaspadaan kita hari ini ada 4 pasien dalam pengawasan atau PDP,” ucapnya.

Keempat pasien yang masih berstatus PDP tersebut adalah, pasien 4 berusia 14 tahun, warga Kecamatan Tanah Grogot, punya riwayat perjalanan ke Jakarta dan Bogor.

“Pasien 4 masuk ke rumah sakit tanggal 19 Maret 2020 dan kondisi saat ini semakin membaik,” ujarnya.

Pasien 4 ini kata dia, sudah diambil swab atau sampel pada tenggorokan dan hidung. Sampel tersebut sudah dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.

“Sampelnya sudah dikirim tiga hari yang lalu, jadi kita masih menunggu hasilnya,” katanya.

Kemudian pasien 5 berusia 38 tahun, asal Kecamatan Tanah Grogot, memiliki riwayat perjalanan yakni pernah melakukan kegiatan pertemuan di Balikpapan pada tanggal 7 Maret 2020.

“Pasien 5 ini kemarin siang masuk RS Panglima Sebaya,” ucapnya.

Sedangkan pasien 6 berusia 53 tahun, asal Kecamatan Longikis, memiliki riwayat pernah melakukan perjalanan ke Bandara Sepinggan Balikpapan mengantarkan anak.

“Setelah pulang menderita sakit-sakit dan akhirnya berobat ke puskesmas, setelah diagnosa oleh dokter akhirnya dirujuk ke RS Panglima Sebaya,” jelasnya.

Berikutnya pasien 7 berusia 31 tahun, asal Kecamatan Tanah Grogot, dengan riwayat perjalanan pernah melakukan pertemuan di Balikpapan 7 Maret 2020. “Pasien 7 ini juga masuk tadi malam,” ujarnya.

Selain PDP, Dinkes Paser juga mencatat sebanyak 17 orang dalam pemantauan (ODP) tersebar di empat kecamatan, yaitu Tanah Grogot 11 orang, Batu Sopang 3 orang, Paser Belengkong 2 orang dan Longikis 1 orang.

“Pagi hari ini kami mencatat 17 ODP dari 4 Kecamatan, Ini tentu menjadi keprihatinan kita semua karena melihat dari sebaran kecamatan-nya bertambah, dibanding hari-hari sebelumnya hanya 2 atau 3 kecamatan,” terangnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.