Ibnu Mansyah Berharap P3BK Dilanjutkan

512

SOROT – Program Percepatan Pembangunan Berbasis Kecamatan atau P3BK merupakan program pro rakyat yang mengakomodir semua keperluan masyarakat di setiap kecamatan.

Hal tersebut sampaikan Ibnu Mansyah Camat Paser Belengkong saat disambangi wartawan di ruang kerjanya, Jumat (28/10).

Oleh karena itu, Ibnu Mansyah berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, untuk melanjutkan Program P3BK, sebab program ini dinilai lebih tepat sasaran.

“Kami berharap Pemkab dapat melanjutkan P3BK di Tahun 2017, kerena kegiatannya langsung berasal dari aspirasi masyarakat dan hasilnya juga bisa langsung dikontrol oleh masyarakat,” katanya.

Ibnu Mansyah mencontohkan, pembangunan semenisasi parit atau pembangunan jalan di setiap gang yang menggunakan dana P3BK, dinilai lebih mudah diawasi oleh masyarakat dan hasil kerjanya pun bisa langsung terlihat.

“Karena masyarakat langsung yang mengerjakan, hasilnya akan terlihat. Jika pembangunan kualitasnya tidak baik, masyarakat bisa langsung berbicara,” kata Ibnu Mansyah.

Bahkan kata Ibnu, masyarakat tidak segan membantu dana secara swadaya bila pembangunan berbasis kecamatan itu kekurangan dana.

“Dalam P3BK yang dilaksanakan, tidak jarang masyarakat mengeluarkan dana swadaya tambahan kalau pembangunan itu kekurangan dana,” ujar Ibnu Mansyah.

P3BK juga kata dia merupakan progam untuk menampung aspirasi masyarakat yang tidak terakomodir dalam Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan.

“Setiap warga di desa yang tidak terakomodir aspirasinya, bisa mengusulkan pembangunan melalui P3BK,” ujar Ibnu Mansyah. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.