Patroli Karhutla Pantau Tiga Desa di Paser Belengkong

464

SOROT – Tim Gabungan Polsek Paser Belangkong, Koramil Paser Belengkong , Manggala Agni dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Paser Belengkong, melaksanakan patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Senin (7/11). Di Desa Paser Belengkong , Suatang Keteban dan Desa Sangkuriman Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser Kaltim.

Dari kegiatan yang dilakukan tim gabungan patroli itu tak menemukan titik api yang bisa memicu kebakaran. “Tadi pihak Polsek Paser Belengkong bersama Koramil, Manggala Agni dan BPD desa melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan di tiga desa, dan hasilnya situasi dalam keaadaan aman dan kondusif,” kata Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan.

Selain melakukan patroli kata Hendra, mereka juga melaksanakan sosialisasi ke masyarakat di tiga desa itu terkait soal pencegahan dan penanggulangan Karhutla dengan tujuan agar wagra juga ikut mencegah dan memantau adanya titik api yang bisa menimbulkan kebakaran.

“Pada dasarnya setiap melakukan patroli kebakaran, juga sekaligus dilakukan sosialisasi mengenai Karhutla agar semua warga ikut bersama-sama menjaga agar tidak terjadi kebakaran, dan sosialisasi seperti ini juga selalu disampaikan dikesempatan lain,” kata Hendra.

Sementara menurut Kapolsek Paser Belengkong AKP Tasimun, jika terjadi kebakaran, di beberapa lokasi sudah ada sumber air yang bisa dimanfaatkan berupa kolam penampungan yang dibuat oleh perusahan yang ada di daerah itu. Sehingga mobil pemadaman kebakaran cukup mengambil air ditempat itu.

“DI perbatasan kebun warga perusahaan buat penampungan air dengan menggali tanah, diantara penampungan satu dangan yang lainnya berjarak sekitar 50 meter dengan luasan masing-masing sekitar 7 meter x 7 meter dan kedalaman 2 meter,” kata Tasimun.

Sedangkan jika terjadi Karhutla di desa yang jauh dari perusahaan kata Tasimun maka diupayakan memanfaatkan sungai atau sumber aliran air terdekat, sehingga tak perlu jauh mengambil air untuk dipakai melakukan pemadaman. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.