Tim Patroli Karhutla Kuaro Sampai Meremas Daun

506

SOROT – Meski luas wilayah Kabupaten Paser mencapai sekitar 11.000 Km2, tapi tidak menyurutkan semangat jajaran Kodim 0904/Tng, Polres Paser dan Manggala Agni Daops Paser mengkampanyekan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah kabupaten paling selatan kaltim ini.

Seperti giat Patroli Karhutla yang dilaksanakan tim gabungan Koramil Kuaro dan Polsek Kuaro dan Manggala Agni, Kamis (10/11/2016), di Desa Padang Jaya dan Desa Rangan, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, Kaltim.

“Giat dari pukul 09.30 sampai pukul 12.00 WITA. Kepada warga dua desa tersebut kami menghimbau untuk tidak membakar lahan, baik saat ingin membersihkan kebun dari semak belukar maupun ingin membuka kebun,” kata Kapolsek Kuaro IPDA Joko Susanto.

Selain itu kata Joko, tim juga mengecek cadangan air di anak sungai dan bendungan sebagai persiapan penanggulan apabila terjadi Karhutla. Bahkan tim meremas daun-daun kering guna merasakan tingkat kelembaban daun-daun tersebut.

“Daun-daun kering yang cepat terbakar dengan yang tidak akan terasa ketika kita remas. Pak Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan berharap giat ini dapat mencegah terjadinya Karhutla,” tambah Joko. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.