Dekranasda Paser Gelar Pelatihan untuk Meningkatkan Keterampilan

419

SOROT – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Paser memberikan pelatihan pada pengrajin, dengan nama Paser Craft di sejumlah desa di wilayah itu.

Pada kegiatan tersebut, Dekranasda Paser menggandeng Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), tujuannya meningkatkan keterampilan agar hasil kerajinan menghasilkan produk bermutu dan berkualitas ekspor.

Ketua Dekranasda Paser Hj Mutiarni Yusriansyah mengatakan, sebagai daerah yang sedang gencar mengembangkan dan mempromosikan pariwisata perajin, maka di Paser harus mampu menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas.

“Minat perajin Paser sangat tinggi untuk mengetahui dan mempelajari hal-hal baru terutama dalam menciptakan produk kerajinan hanya saja kesempatan dan arahan yang kurang dalam menggali potensinya,” kata Mutiarni.

Sementara, Sekjen Dekranas Pusat Eus Saedah memberikan apresiasi kepada Pemkab Paser dalam hal ini Bupati Paser bersama Dekranasda yang mempunyai kepedulian besar dalam upaya mendorong hasil kerajinan daerah sehingga pengrajin bisa berkarya menciptakan produk berskala nasional yang diminati pasar.

“Paser punya sumber daya alam yang sangat luar biasa. Dengan pelatihan ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian melalui kerajinan,” katanya.

Jika ini berjalan baik, tentu dapat berkontribusi dalam menyediakan lapangan usaha dan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan memberi dampak ganda terhadap perekonomian lokal dan nasional.

Untuk pelatihan Paser Craft digelar dari tanggal 7-11 Agustus, peserta pelatihan jenis kerajinan rotan, Desa Sekurau Jaya Kecamatan Long Ikis, Desa Laburan Kecamatan Paser Belengkong dan Desa Uko Kecamatan Muara Komam.

Selanjutnya Kerajinan Tenun Desa Olung Kecamatan Long Ikis, kerajinan batik dan purun Kecamatan Tanah Grogot Desa Tepian Batang sedangkan kerajinan batok dan sabut kelapa Desa Meruat Kecamatan Long Kali. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.