Jamaah Calhaj Paser Jalan Kaki ke Masjidil Haram, Ternyata Jarak Pemondokannya…

567

SOROT – Jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Paser, Kaltim yang berjumlah 236 orang sudah berada di Makkah sejak Minggu tanggal 20 Agustus 2017.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Bina Kesra III setda Paser H Arifin, yang bertugas sebagai Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) melalui pesan WhatsApp (WA) dari Kota Mekkah, yang diterima Asisten Kesra Paser, Selasa (22/8/17) pagi di Tanah Grogot.

“Jamaah tiba di Makkah kemarin (Ahad, 20/8) sekitar pada pukul 04.00 waktu setempat, dan menginap di Maktab Jarwal Hotel Al Keswah Tower. Selanjutnya jamaah akan melaksanakan ibadah umrah,” tulis Arifin melalui WA.

Menurutnya, lokasi tempat menginap para jamaah calhaj Paser yang tergabung dengan jamaah calhaj Balikpapan dan Berau di Kloter 10 itu, hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Masjidil Haram.

Dengan jarak tersebut, maka para calhaj Paser tidak menggunakan kendaraan bus, tapi melainkan hanya cukup berjalan kaki menuju Masjidil Haram. “Kloter 10 paling dekat pemondokannya,” jelas Arifin.

Mengenai kondisi jemaah calhaj Paser, menurut laporan Arifin, semua dalam keadaan sehat meski ada beberapa di antaranya yang menderita batuk dan kecapean.

“Para jamaah masih beradaptasi dengan cuaca panas yang mencapai 48-50 derajat Celcius. Tapi jamaah juga terbantu dengan adanya hujan lebat sore, hari pertama kita di Makkah,” terangnya. (hms/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.