Canangkan Germas, Bupati Instruksikan Dinkes Paser Aktif Gandeng Masyarakat

880

SOROT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser mencanangkan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), Jumat (25/8) pagi di halaman kantor Bupati Paser, Kaltim.

Pencanangan itu dilakukan Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi di hadapan ratusan peserta senam Germas massal yang terdiri perwakilan staf dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Paser, ASN di lingkungan Setda Paser, anggota Polres Paser, perwakilan perusahaan, serta kader kesehatan.

Turut hadir Ketua DPRD Paser H Kaharuddin, Wakapolres Paser Kompol Bambang Herkamto, Sekda Paser AS Fathur Rahman, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Paser Hj Mutiarni Yusriansyah Syarkawi, para Staf Ahli dan Asisten, serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Paser.

Selain senam massal, acara tersebut juga dirangkai dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung Germas di Kabupaten Paser, kegiatan jalan sehat, makan buah dan minum jamu bersama, serta cek kesehatan gratis.

Dalam sambutan bupati mengatkan, pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

“Pola hidup sehat ini sepintas sederhana, dan dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” kata Yusriansyah.

Ia meminta, pegawai Pemkab Paser mengikuti pola hidup sehat yang dianjurkan oleh Germas, dan mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif dan melibatkan masyarakat dalam mengembangkan paradigma hidup sehat.

“Saya instruksikan Dinas Kesehatan sebagai instansi leading sektor agar dalam menyukseskan Germas, secara aktif menggandeng dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan lembaga di sektor lainnya, dalam mempraktekkan pola hidup sehat,” tegasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Paser I Dewa Made Sudarsana mengatakan, pencanangan Germas ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017, tentang gerakan masyarakat untuk hidup sehat.

Karena kesehatan kata Dewa, merupakan kebutuhan dasar hidup semua masyarakat, hanya saja dewasa ini kesadaran prilaku hidup sehat masyarakat semakin berkurang, untuk itu dia mengajak masyarakat Paser untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, dengan cara CERDIK.

“Pertama adalah C yaitu cek kesehatan secara rutin, lalu E yaitu enyahkan asap rokok, rajin beraktifitas fisik atau berolahraga, D yaitu diet seimbang dengan mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan, lalu I yaitu istirahat cukup, dan yang terakhir, K yaitu kelola stress,” terangnya. (humas/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.