Terharu Saat Berada di Pesantren, Brigjen Irham Waroihan Keluarkan Air Mata

1189

SOROT – Ratusan santri bersama guru sambut kedatangan Komandan Korem 091 Aji Surya Natakusuma (ASN) Brigjen Irham Waroihan, Sabtu (26/8/17) di Pondok Pesantren Al Ihsan Tanah Grogot Kabupaten Paser, Kaltim.

Prosesi penyambutan dilakukan di pintu gerbang pesantren tersebut, dengan mengalungkan sorban hijau yang dilakukan Ketua Pondok Pesantren Al Ihsan H Badaruddin kepada Brigjen Irham Waroihan.

Saat memasuki lingkungan pesantren menuju Masjid Al Ihsan, lambaian tangan Jenderal bintang satu itu pun tertuju pada santi dan santriwati yang berjajar rapi menyambut kedatangan Danrem 091/ASN.

Pertemuan yang berlangsung di Masjid Al Ihsan itu, adalah salah satu agenda kunjungan kerja Danrem 091/ASN di Kabupaten Paser selama dua hari, sejak tanggal 25 – 26 Agustus 2017.

Pada kesempatan itu, Ketua Yayasan Al Ihsan H Abdurrahman Party dalam sambutannya mengatakan, kedatangan Danrem 091/ASN di pondok tersebut sangat menginspirasi pihaknya, dan bahkan pertemuan itu diakui berbeda dengan pertemuan yang biasa dilakukan sebelumnya ditempat yang sama.

“Pertemuan pagi ini mempunyai nuansa yang berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya, ini sangat menyentuh hati, semoga ini bertanda untuk kemajuan pondok pesantren kita kedepannya,” kata Abdurrahman Party.

Ia juga sedikit bercerita, mengenai saat awal mau mendirikan pesantren, dalam benaknya terbayang, bahwa mendirikan pesantren bagaikan berjalan di bawah bulan purnama, yang tak memiliki kendala berarti.

Namun setelah niat itu terwujud, bayangan tak seindah harapan, Abdurahman mengakui, selama ini, pesantren yang memiliki 1300 santri itu, masih banyak memiliki kekurangan yang perlu dipenuhi. “Kita masih berjalan di bawah langit gelap tak berbintang,” ucapnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Brigjen Irham Waroihan mengatakan, sangat terharu apa yang disampaikan ketua yayasan pondok itu, bahkan perwira tinggi tersebut mengaku sempat mengeluarkan air mata.

“Luar biasa Pak Kyai, memiliki kosakata yang manis dan baik, sangat santun, jadi wajar kalau Bapak menjadi panutan para santri sebagai anak didik, dan mata saya sempat berair karena terharu,” kata Irham dihadapan para santri yang juga turut hadir dalam acara tersebut.

Irham Waroihan didampingi istri mengaku juga terharu sejak menginjakkan kaki dilingkungan Pesantren Al Ihsan, dan mengingatkan kepada ketiga anaknya yang juga menuntuk ilmu di pesantren yang berada di Pulau Jawa.

“Saya sempat terharu tadi Pak Kyai pada saat datang ditempat ini, karena tiga anak saya, yang pertama laki-laki sekolah di pesantren, yang kedua putra di pesantren juga dan yang ketiga sama cowok di pesantren juga,” ucap pria humoris itu diiringi tawa oleh hadirin.

Bapak tiga anak itu juga mengaku selalu mengingatkan kepada putranya agar memaksimalkan menuntut ilmu agama, sebagai bekal kelak di hari kemudian. Serta menjadi anak yang shaleh yang selalu berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara.

“Saya juga berpesan kepada anak-anakku disini (Pesantren Al Ihsan) terus pelajar dengan giat dan rajin, pergunakan masa mudamu semaksimal mungkin untuk menuntut ilmu, dan melahirkan manusia yang berakhlak mulia,” terangnya.

Diakhir pertemuan, selain menyerahkan langsung bantuan kepada pondok pesantren tersebut, Danrem juga menyampaikan, akan memberikan kembali bantuan secara rutin kepada pesantren itu.

“Insyaallah kedepannya, melalui Kodim kita akan bantu secara rutin,” tegasnya seraya diiringi tepuk tangan oleh para santri.

Hadir dalam acara tersebut, selain rombongan Danrem, juga turut hadir Dandim 0904/TNG Letkol Arh Ardian Patria Chandra, Ketua NU Paser Khairul Huda, Pimpinan Pondok Pesantren Al Ihsan H Badaruddin, Sejumlah perwira dan para dewan guru.

Untuk di ketahui, sehari sebelumnya, Brigjen Irham Waroihan juga melakukan berbagai kegiatan dalam kunjungan kerjanya, diantaranya mengecek kesiapsiagaan pasukan dan pola pembinaan teritorial Kodim 0904/TNG.

Irham juga mengingatkan peran TNI dalam membantu swasembada pangan. Menurutnya, itu merupakan bakti dan pengabdian TNI kepada rakyat.

Masih dalam kunjungan, Danrem 091/ASN juga menyaksikan peresmian sekolah baru SD Kartika V-5 Tanah Grogot oleh Ketua Yayasan Kartika, dan memberikan satu set drum bund untuk 50 personel pelajar.

Adapun awal kunjungannya di Paser, Brigjen Irham Waroihan langsung mengunjungi Kodim 0904/TNG, pada Jumat (25/8). Kunjungan itu diterima langsung oleh Dandim 0904/TNG Letkol Arh Ardian Patria Chandra.

Hadir pada saat itu, Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Wakil Bupati Paser Mardikansyah, Kapolres AKBP Dudy Iskandar, Wakil Ketua DPRD Ridhawati, Kajari Budi Setiawan serta sejumlah undangan lainnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.