Soal Gotong Royong yang Dilakukan Wapena Paser, Begini Kata Sekda…

624

SOROT – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser, AS Fathur Rahman sangat mengapresiasi kegiatan gotong royong pembersihan saluran drainase, yang dilakukan Wartawan Peduli Bencana (Wapena) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser beberapa waktu lalu.

“Meskipun banjir kita ini belum menimbulkan bencana, tapi pada akhirnya bisa menjadi bencana apabila tidak diantisipasi lebih awal. Saya selaku kepala BPBD sangat menyambut baik atas adanya kerjasama yang dilakukan Wapena,” kata Fathur Rahman, Jumat (6/10/17).

Sekda berharap, kegiatan yang dilakukan Wapena tersebut juga diikuti masyarakat, agar keinginan mendapatkan Adipura bisa terwujud. Didalam penilaian adipura, angka penilaian besar bisa didapat jika aktivitas menjaga kebersihan kota dilakukan warga.

“Mudah-mudahan partisipasi ini diikuti juga oleh warga atau kelompok masyarakat lain, ada cita-cita kita memang untuk memperoleh Adipura, dan penilaian Adipura yang besar dapat kita peroleh bila mana aktivitas menjaga kebersihan kota itu dilakukan oleh masyarakat,” jelasnya.

Jika sebuah kota sangat bersih kata Fathur Rahman, tapi seluruhnya dikerjakan oleh pemerintah, maka kota itu belum tentu bisa mendapatkan Adipura, tapi apabila terbangun kerjasama tumbuhnya partisipasi dan kepedulian masyarakat maka nilainya akan tinggi.

“Karena pada dasarnya sangat disadari bahwa kalau pemerintah yang kerja, keberlangsungan pekerjaan pemerintah itu tentu saja tidak bisa terus menerus, karena pemerintah berdasarkan anggaran,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, ketika anggaran kegiatan sudah habis atau menurun pada tahun berikutnya maka aktivitas menjaga kebersihan akan menurun, dan otomatis kebersihan kota akan menurun. Tetapi jika disertai partisipasi masyarakat maka akan terus berkelanjutan.

“Insyaallah kalau disertai partisipasi masyarakat, keberlangsungan upaya menjaga kebersihan itu akan terus berjalan. Itulah yang menjamin kebersihan kota bisa terus menerus. Jadi apa yang dilakukan wapena ini sangat baik untuk mendorong partisipasi warga atau kelompok masyarakat lainnya,” terangnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.