Kendalikan Hama, Kodim 0904/TNG Bantu Petani di Paser

674

SOROT – Salah satu musuh yang paling ditakuti petani yang bergerak di bidang budidaya tanaman padi adalah hama wereng, karena serangan hama itu dapat mengakibatkan tanaman padi menjadi rusak fatal sehingga terjadinya gagal panen.

Untuk mengendalikan hama wereng, anggota Koramil 0904-04 Long Ikis membantu para petani menyemprotkan insektisida plenum ke tanaman padi, Kamis (1/2/18) di Desa Tajur, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kaltim.

Menurut Dandim 0904/TNG Letkol Arh Ardian Patria Chandra, seperti yang dilansir gerbangkaltim.com, upaya itu dilakukan untuk mengendalikan hama agar tidak menyebar dan berkembang ke padi lainnya.

“Aksi anggota Koramil Long Ikis turun ke lapangan membantu para petani menyemprotkan insektisida plenum, tujuannya agar padi milik petani di desa itu terhindar dari hama seperti hama wereng,” kata Ardian.

Dikatakan, aksi peduli TNI itu sebagai komitmen TNI membantu pemerintah mewujudkan swasembada pangan. Termasuk juga salah satu upaya mendorong petani swasembada beras.

“Ini salah satu komitmen TNI, Kodim 0904 Tanah Grogot, untuk mewujudkan swasembada pangan, khususnya di Paser,” ujar Ardian.

Ardian juga berharap, Kehadiran TNI dapat membantu para petani mengatasi kesulitan mulai dari pengolahan lahan, tanam, pemupukan, pengendalian hama hingga panen.

Kepedulian petani mewujdukan swasembada pangan kata dia, untuk mendukung pemerintah pada program UPSUS PAJALE, yakni Gerakan Khusus peningkatakan produksi tiga komoditas pangan utama yaitu padi, jagung dan kedelai.

“Dalam rangka swasembada pangan, TNI juga turut mensukseskan program UPSUS PAJALE. Salah satunya melaksanakan pendampingan kepada kelompok tani dengan aktif turun ke sawah,” pungkasnya. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.