Antisipasi Malaria, Koramil dan Warga Bersihkan Selokan

1383

SOROT – Guna mencegah penyakit malaria di wilayah Kelurahan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kaltim, jajaran Koramil 0904-4 Long Ikis bersama warga setempat melakukan gotong royong, Jumat (9/2/18). Kegiatan tersebut adalah pembersihan selokan atau drainase sepanjang 150 meter yang berada di RT 02 yang dipenuhi sampah-sampah.

Danramil Long Ikis Kapten Inf Sugiono turut serta dalam kegiatan gotong royong yang rutin digelar setiap minggunya itu. Ia menuturkan Selokan yang kotor dan tersumbat menjadi sarang jentik-jentik nyamuk malaria. Mengingat akhir-akhir ini musim penghujan mulai melanda Kabupaten Paser dan sekitarnya.

“Hari ini kami turun dalam rangka upaya menjaga kesehatan warga dari penyakit malaria. Kami menghimbau agar warga rutin membersihkan lingkungan sekitar, tidak membuang sampai kealiran sungai atau drainase, serta menutup genangan-genangan air dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk malaria,” ungkapnya.

Selain mencegah timbulnya penyakit malaria, pembersihan drainase itu juga untuk menghindari terjadinya banjir. Karena lokasi tersebut kerap terjadi banjir yang diakibatkan tersumbatnya drainase karena tertutupi sampah dan rerumputan.

Diakhir kegiatan Danramil 0904-04 Long Ikis Kapten Inf sugiono menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar menumbuh kembangkan semangat gotong royong karena dengan semangat bergotong royong akan terjaganya jiwa persatuan dan kesatuan demi kepentingan keselamatan Bangsa dan Negara. (*/ns)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.