249 Jamaah Calhaj Paser Akan Berangkat, Separuh Diantaranya Lansia

390

SOROT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Senin (23/7/18) menggelar rapat persiapan keberangkatan jamaah calon haji (calhaj) Paser.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat telake Kantor Bupati Paser tersebut, dipimpin Asisten Umum Sekretariat Daerah (Setda) Paser Arief Rahman dan dihadiri Kepala Kantor Kemenag Paser, M. Mukhlis.

Selain itu, juga turut hadir Kabag Bina Kesra II Dharni Hariyati dan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Paser.

“Rapat ini untuk memastikan kesiapan semua instansi terkait keberangkatan calon jemaah haji yang berjumlah 249 orang, dua diantaranya Tim Petugas Haji Daerah (TPHD),” kata Asisten Umum Setda Paser Arief Rahman.

“Meski ada beberapa yang perlu dikomunikasikan, Alhamdulilah secara umum sudah siap untuk keberangkatan,” tambahnya.

Sebelum berangkat ke Embarkasi Balikpapan kata dia, jamaah calhaj Paser berkumpul di Masjid Agung Tanah Grogot, Selasa (7/8) usai Shalat Isya, dan selanjutnya diberangkatkan pada pukul 22.00 Wita dengan menggunakan 6 bus.

“Berangkat dari Paser malam, kemudian jemaah harus sudah tiba di Asrama Haji Balikpapan pada Rabu (8/8) pagi Pukul 10.00 Wita,” kata Arief Rahman.

Selanjutnya pada Kamis (9/8) pukul 10.20 Wita, 249 calhaj Paser bertolak dari Embarkasi Balikpapan menuju Jeddah bersama 20 calhaj dari Samarinda, 51 Calhaj Balikpapan dan 130 calhaj dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dengan total 450 orang.

Para jamaah calhaj yang berasal beberapa kabupaten/kota di Kaltim itu, berangkat dengan kode penerbangan GIA 4110, dan diperkirakan sampai di Jeddah pada pukul 17.15 Wita,

Menurut Arief Rahman, dari 249 jemaah calhaj Paser yang akan berangkat, separuh diantaranya merupakan jemaah yang sudah lanjut usia (lansia). Untuk itu, pihak panitia perlu memberikan perhatian khusus kepada mereka.

“Karena ada separuh jemaah yang sudah lansia, maka perlu diberikan perhatian khusus agar ibadah mereka nyaman dan lancar,” ucapnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Kepala Kemenag Paser, M. Mukhlis mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah memberikan pelatihan kepada para jemaah calhaj yang akan berangkat ke tanah suci.

“Kita sudah berikan pelatihan, baik yang dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan masing-masing, maupun yang dilaksanakan di Kantor Kemenag. Kita harap keberangkatan para jemaah berjalan lancar,” kata Mukhlish. (kfp/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.