Kemitraan DKISP Paser dengan Wartawan Didukung Media Center, Tapi Ini Kendalanya…

1881

SOROT – Kemitraan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, Kaltim dengan wartawan, terkait penyebarluasan informasi pembangunan Kabupaten Paser didukung adanya Media Center.

Hal tersebut disampaikan Ropi’i Kasi Media Publik, Kamis (14/3/19) di Tanah Grogot. Menurutnya kehadiran Media Center yang ada di DKISP Paser sangat menunjang kemitraan dengan wartawan.

“Media Center yang ada ini sangat menunjang kemitraan antara DKISP dengan wartawan. Bisa dikatakan Media Center ini semacam kantor berita di daerah,” kata Ropi’i.

Di Media Center kata dia, wartawan bisa langsung mendapatkan informasi maupun berita pembangunan Kabupaten Paser, serta kegiatan yang dilakukan para pemangku jabatan.

“Kemitraan dengan wartawan bisa terbantu adanya Media Center. Kita tau setiap media memiliki keterbatasan tenaga dan tidak mungkin bisa mengikuti kegiatan bupati setiap hari,” katanya.

“Tapi dengan adanya Media Center, teman-teman wartawan tetap bisa mendapatkan berita pembangunan Kabupaten Paser,” tambahnya.

Namun untuk saat ini Ropi’i mengaku ada dua keterbatasan yang dihadapi Media Center yang dikelolanya, yakni masalah sumber daya manusia (SDM) dan anggaran yang minim.

“Kendalanya masalah SDM dan anggaran, tapi kita rencana mengikuti kegiatan bintek peningkatan pengelolaan Media Center di Jakarta yang dilaksanakan Kementerian Kominfo,” ucapnya.

Peningkatan SDM kata dia tentu sangat penting, mengingat fungsi Media Center itu sendiri mengutamakan penyebarluasan informasi publik baik isu lintas sektor dan sektoral.

“Selain itu, fungsi Media Center adalah membuat konten berupa berita teks, berita foto dan grafis terkait informasi isu strategis yang bersifat lokal dan isu tintas sektoral tentang pelayanan publik,” ujarnya.

Membuka layanan informasi dan melakukan komunikasi publik melalui media selain online, juga fungsi Media Center.

“Jadi tujuan bintek adalah meningkatkan kemampuan teknik, untuk pengembangan dan pengelolaan media senter daerah khusus pelayanan informasi publik,” jelasnya.

Bintek juga untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengelola Media Center, dalam hal pembuatan konten (berita feature dan foto) terkait layanan publik untuk media online.

“Fungsi lain, meningkatkan kualitas dan kuantitas kontribusi berita dari Media Center untuk infopublik.id dan media massa lainnya,” terangnya.

Ia juga menjelaskan Media Center DKISP paser sudah dilengkapi sejumlah peralatan elektronik, berupa laptop dan peralatan lainnya untuk menunjang kegiatan Media Center tersebut. Peralatan itu bantuan dari Kementerian Kominfo.

“Kita dapat peralatan dari pusat, tapi sebelum dibantu Media Center kita di survey dulu dari pusat, memenuhi syarat nda, ternyata memenuhi syarat utamanya jangkauan internet di wilayah Paser hampir menyeluruh,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Paser Muksin mengatakan, terkait anggaran publikasi penyebarluasan informasi pembangunan Kabupaten Paser akan ditingkatkan.

“Kita upayakan tingkatkan anggarannya nanti,” kata Muksin saat ditemui dalam acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2020, Senin (11/3) lalu. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.