KKN 16 Desa Karangsuko Siap Bergerak Mengabdi Kepada Masyarakat

677

SOROT – Koordinator Desa (Kordes) Dendy Reynaldy, Kepala Bagian Umum Andis dan Kepala Dusun Krajan Muhdor Soeharto, membuka secara resmi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 16, di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Rabu (15/01/2020).

Kegiatan yang mengusung tema “Optimalisasi Sumber Daya Air dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Demi Terwujudnya Sustainable Development” tersebut, dihadiri oleh segenap perangkat desa dan mahasiswa/i peserta KKN Kelompok 16.

Dikesempatan itu, Dendy Reynaldy menyampaikan terima kasih karena telah menerima dan mewadahi kelompok untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

“Tujuan KKN ini sebagai bentuk implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yaitu pengabdian masyarakat,” kata Dendy dalam press release yang dikirim Malta Ra Anisa Agustin mahasiswi UMM ke sorotonline.com, Jumat (17/1/2020).

Tema yang diusung itu kata Dendy berdasarkan kondisi dan potensi desa yang ada, berupa Sumber Daya Air yang sangat melimpah dan mampu menopang hidup masyarakat Desa Karangsuko.

“Belum cukup sampai mengoptimalkan sumber daya airnya saja, ikhtiar kelompok 16 juga tertuju pada peningkatan sumber daya manusia yang merupakan kunci utama pembangunan berkelanjutan yang ada di Desa,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, perangkat desa beserta masyarakat dapat membantu untuk menyukseskan program kerja KKN 16 Desa Karangsuko, dan berharap perangkat desa yang ada dapat membimbing dalam pelaksanaan program kerja tersebut.

Sementara itu, masih dalam release kiriman mahasiswi asal Tanah Grogot, Kaltim itu, pada kesempatan yang sama, Andis selaku Kepala Perencanaan Umum mengatakan, Desa Karangsuko adalah desa yang beragam mulai dari karakter, budaya, sampai dengan kebiasaan warga.

“Dua suku yang dominan berada di Desa Karangsuko, dari keberagaman yang berbeda ini masyarakat mampu hidup rukun saling melengkapi dan tidak ada konflik antar suku,” kata Andis.

“Harapannya apa yang dilihat dari teman-teman KKN, kekurangan dan apa saja yang perlu dikembangkan silahkan dilakukan koordinasi dengan perangkat desa,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Dusun Krajan, Muhdor Soeharto juga turut menyampaikan serta menyambut baik adanya program kerja KKN 16 Desa Karangsuko, yang nantinya akan dilaksanakan sebulan kedepan dan berharap berjalan dengan baik.

“Yang perlu teman-teman ketahui ada 2 Dusun sini, yaitu Dusun Krajan dan Dusun Adiluwih dengan potensi yang berbeda. Segala keberagaman yang ada mohon dijadikan sebagai bahan menambah pengetahuan KKN Kelompok 16,” ujarnya.

Lebih lanjut, Muhdor Soeharto juga berharap kelompok KKN 16 Desa Karangsuko bisa merasa nyaman dan betah selama berada di Desa Karangsuko. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.