Kapolres Paser Cek Senpi dan Gampol Anggota, Ditemukan Ada Pelanggaran

523

SOROT – Pemeriksaan senjata api (senpi) dinas yang dipakai personel Polres Paser berlangsung di halaman Mapolres Paser, Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot, Kaltim, Selasa, (21/01/2020)

Kegiatan tersebut dilakukan secara mendadak oleh Kapolres Paser AKBP Murwoto, didampingi Waka Polres Paser, Para Kabag, Para Kasatfung dan Sipropam Polres Paser usai apel pagi.

“Pemeriksaan ini dilaksanakan secara mendadak, satu persatu pemegang senpi diperiksa, tanpa pengecualian baik terhadap Perwira maupun Bintara,” tegas Kapolres Paser.

Pengecekan tersebut dilaksanakan, guna mengetahui apakah masing-masing personel pemegang senpi telah memiliki surat ijin pinjam pakai senpi dan masih berlaku.

“Selain mengecek kondisi senpi dalam keadaan baik, terawat dan kelengkapan amunisinya, juga dilakukan pemeriksaan surat ijin senpi,” kata Murwoto.

Apabila ada temuan kata Murwoto, maka dilakukan teguran langsung kepada personel bersangkutan, dan temuan tersebut dicatat oleh Propam Polres Paser.

“Bagi anggota yang melanggar, selain diberikan teguran juga diberikan tindakan fisik berupa push up,” ujarnya.

“Kegiatan pemeriksaan ini dalam rangka menegakkan dan meningkatkan disiplin anggota dilingkungan Polres Paser, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau disalah gunakan,” tambahnya.

Hasil kegiatan pengecekan senpi ditemukan beberapa pelanggaran, diantaranya senpi rusak ringan, senpi dalam keadaan kotor dan surat pinjam pakai habis masa berlaku.

Selain itu, Kapolres Paser juga melakukan pengecekan penampilan personel, bagi yang berpenampilan kurang baik khususnya dalam penggunaan gampol, maka diberikan teguran.

“Kalau penggunaan gampol kurang baik langsung ditegur dan diperintahkan agar berkoordinasi dengan bagian Sarpras, untuk memohon gampol yang baru,” terangnya.

Adapun hasil pengecekan kerapian gampol, terdapat personel memakai pakaian sudah kusam atau warna pudar, celana kepanjangan dan kebesaran serta kepala sabuk ( kopel ) dalam keadaan kotor tidak mengkilap.

Masih dalam kegiatan tersebut, Kapolres Paser juga mengingatkan kepada PJU Polres Paser, yaitu para Kabag dan Kasat agar tidak lupa selalu menyampaikan setiap rencana kegiatan kepada anggotanya.

Tujuannya, agar dalam pelaksanaan pengecekan senpi dinas dapat diikuti oleh seluruh pemegang senpi dinas, baik anggota yang berdinas di Polres maupun Polsek Jajaran.

Tak hanya itu, Murwoto juga memerintahkan kepada Paurlat Bag Sumda Polres Paser, untuk merencanakan latihan menembak bersama bagi personel.

“Latihan sangat penting guna meningkatkan keahlian dalam menggunakan senjata, bidikan titis (bahasa Jawa ),” pungkasnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.