KKN 02 UMM Resmi Dibuka, Siap Mengabdi Pada Masyarakat Desa Ngijo

599

SOROT – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 02 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), resmi dibuka, Rabu (15/1/2020), di Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Pembukaan KKN tersebut dilakukan oleh Koordinator Desa (Kordes) Adham Firmansyah Lesmana, Kepala Desa Ngijo Mahdi Maulana, dan Tim Pendamping Lapangan Sugiyanto.

Hadir dalam pembukaan Kegiatan KKN 02 UMM yang mengusung tema “Menumbuhkan Kreativitas Generasi Muda dalam Mengelola Lingkungan Hidup Desa Ngijo”, yakni segenap perangkat desa, TPL dan seluruh mahasiswa/i KKN 02 UMM.

Pada kesempatan itu, Adham Firmansyah Lesmana menyampaikan terimakasih karena telah menerima dan mewadahi kelompok KKN 02 UMM, untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat Desa Ngijo.

“Tujuan KKN ini sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mana salah satunya ialah pengabdian masyarakat,” kata Adham dalam press release yang diterima sorotonline.com, Selasa (21/1/2020).

Dengan adanya pengabdian ini kata dia, akan lebih menambah pengalaman dan meningkatkan empati mahasiswa terhahap lingkungan sosialnya.

“Kesadaran masyarakat mengenai lingkungan masih sangat kurang, padahal lingkungan merupakan habitat seluruh makhluk hidup tentunya membutuhkan kebersihan dan kenyamanan,” ucapnya.

Adham berharap, dengan mengangkat tema itu mampu mendorong masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan sekitar terutama perihal sampah.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Mahdi Maulana mengatakan, adanya kegiatan KKN 02 UMM yang bertema pengelolaan lingkungan hidup di Desa Ngijo, diharapkan dapat membantu meningkatkan kebersihan lingkungan dan produktivitas pemuda Desa Ngijo dalam melestarikan lingkungan desa.

“Dengan diresmikannya pembukaan KKN 02 UMM ini, mahasiswa siap menjalankan kegiatan pengabdian di masyarakat Desa Ngijo,” kata Mahdi Maulana.

Dua hari setelah pembukaan, atau tepatnya pada Jumat (17/1/2020) Kelompok KKN 02 UMM berpartisipasi menyemarakkan Jiwa Gotong Royong membangun dan membersihkan area rekreasi Kolam Renang Desa Ngijo,

Kegiatan gotong royong KKN 02 UMM yang merupakan mahasiswa bimbingan Dosen Lapangan Dr. Bambang Yudi A, juga melibatkan PKM Bintara Mahasiswa POLTEKAD KODIKLATAD dan warga Desa Ngijo.

Dari kegiatan tersebut, diharapkan dapat mempertahankan keasrian lingkungan sehingga bisa meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kolam renang tersebut, dengan begitu maka perpeluang meningkatkan pendapatan desa.

Menurut Ketua PKM Bamasis POLTEKAD KODIKLATAD Sersan Satu Galih Bagus Prasetyo, Dengan adanya kegiatan KKN dan PKM ini sangat berguna bagi masyarakat dan mahasiswa yang menyalurkan bakat serta kemampuannya guna kepentingan desa dan masyarakat.

“Semoga dengan adanya kerjasama antara KKN 02 UMM dan PKM Bamasis POLTEKAD KODIKLATAD dapat menambah rasa solidaritas antara mahasiswa dan Bintara Mahasiswa POLTEKAD KODIKLATAD serta membantu masyarakat Desa Ngijo,” kata Galih. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.