Operasi Lilin 2020, Polres Paser Kedepankan Tindakan Preemtif dan Preventif

57

SOROTONLINE.COM – Operasi Lilin 2020 dalam melakukan pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, Polres Paser mengedepankan tindakan preemtif dan preventif.

“Rencana Operasi Lilin 2020 dilaksanakan tanggal 21 Desember sampai 15 hari kedepan, ini tujuannya untuk memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan,” kata Kasat Lantas Polres Paser, AKP Donny Dwija Romansa, Kamis (17/12/2020) di Tanah Grogot.

Berhubung situasi saat ini dihadapkan masa pandemi COVID-19, maka Operasi Lilin 2020 di Paser menyesuaikan penerapan protokol kesehatan terhadap masyarakat, yakni memberi himbauan bekerjasama dengan instansi lain.

“Karena ini masa pandemi, jadi kita bukan hanya melakukan soal pendisiplinan tapi juga melakukan Dikmas pada masyarakat,” ujarnya.

Donny berharap pada Operasi Lilin 2020 agar pelanggaran bisa diminimalisir, seperti halnya pada Operasi Patuh 2020 sebelumnya jauh menurun dibanding pada Operasi Patuh 2019 lalu.

“Kita belum tau dalam Operasi Lilin tahun ini, apakah pelanggaran menurun atau naik dibandingkan sebelumnya, tapi kita berdoa lah semoga tidak ada pelanggaran serta berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Namun ia memperkirakan pelanggaran mengendara pada Operasi Lilin 2020 akan menurun dibanding sebelumnya, hal itu dikarenakan adanya himbauan tidak boleh ada kerumunan dan berkumpul di masa pandemi saat ini.

“Kita menghimbau pada masyarakat atau pengguna jalan patuhi rambu-rambu yang ada, lengkapi surat-surat kendaraan, pakai helm bagi pengguna roda dua dan pakai safety belt untuk roda empat atau lebih,” terangnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.