Jelang Pergantian Tahun, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Tanah Grogot Merangkak Naik

74

SOROTONLINE.COM – Jelang pergantian tahun, harga sejumlah bahan pokok di Pasar Induk Senaken Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, merangkak naik.

“Harga pada naik, ini mungkin karena mau tahun baru, seperti cabe rawit yang biasanya Rp 35 ribu/kg sekarang sudah Rp 100 ribu/kg,” kata Na’imah warga Tanah Grogot, Rabu (30/12/2020).

Untuk memenuhi semua kebutuhan ditengah kenaikan harga bahan pokok, Na’imah mensiasati dengan cara mengurangi pembelian atau separuh dari biasanya.

“Supaya bisa dibeli semua yang dibutuhkan, terpaksa saya beli setengah dari biasanya, semua bahan yang naik kita beli sedikit aja,” ujarnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser, Chandra Irwanadi, kenaikan harga disebabkan berbagai faktor.

“Biasanya memang setiap ada perayaan besar, seperti Lebaran, Natal dan tahun baru harga naik, itu karena banyak permintaan dari konsumen,” kata Chandra, Rabu (30/12).

Selain disebabkan tingginya permintaan kata Chandra, kenaikan juga dipicu adanya sejumlah tanaman seperti cabai mengalami kendala panen akibat curah hujan yang cukup tinggi.

“Sekarang banyak petani mengalami kendala panen di musim hujan, ini juga bisa memicu kenaikan harga, selain itu saya juga mendapat laporan kalau kenaikan harga juga terjadi ditingkat distributor,” terangnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.