Kunjungan ke Paser, Gubernur Kaltim: Jangan Berikan Alat Pertanian yang Tidak Dibutuhkan Petani

54

SOROTONLINE.COM – Gubernur Kaltim Isran Noor meminta untuk tidak memberikan alat pertanian yang tidak dibutuhkan petani, karena pada akhirnya bantuan alat tersebut tidak dimanfaatkan.

Hal itu disampaikan saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka gerakan tanam padi, Rabu (27/1/2021) di Desa Sungai Tuak, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim.

“Jangan berikan alat pertanian yang tidak dibutuhkan petani yang akhirnya hanya menjadi besi tua, untuk itu penyuluh pertanian harus dilibatkan,” kata Isran Noor.

Selain itu Gubernur Kaltim juga menyindir terkait alih pungsi lahan pertanian yang salah satunya banyak dibangun sebagai lokasi sarang burung.

“Dilahan ini, saya lihat banyak tanaman semen, sayang kalau lahannya potensial untuk pengembagan padi, tetapi akhirnya terbatas karena banyak bangunan sarang burung,” ucapnya.

Dalam kunjungannya di desa itu Isran Noor berharap, agar para petani di Kabupaten Paser lebih giat mengembangkan pola tanam padi sehingga krisis pangan tidak sampai terjadi.

Dikatakan, Sesuai arahan Presiden, kabupaten/kota dituntut melakukan langkah konkret untuk menjamin ketersediaan pangan terutama di masa pandemi ini.

“Peran pertumbuhan ekonomi ditengah Covid -19 ini paling besar salah satunya sektor pertanian. Karena itu kita harus terus berjuang mengembangkan potensi pertanian,” terangnya.

Untuk diketahui, dalam gerakan tanam padi tersebut juga dihadiri unsur Forkopimda, Sekda Paser Katsul Wijaya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ina Rosana serta sejumlah pejabat Pemprov Kaltim dan Paser, juga dihadiri Camat Tanah Grogot HM Guntur dan Kades Sungai Tuak Ashar. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.