Wakil Bupati Paser Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah Secara Virtual

258

SOROTONLINE.COM – Wakil Bupati Paser Sarifah Masitah Assegaf bersama Sekda Paser Katsul Wijaya dan jajaran perwakilan Forkopimda lainnya mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021 secara virtual di Pendopo Kabupaten, Senin (26/4/2021) di Tanah Grogot.

Dalam acara melalui virtual tersebut , Menteri Dalam Negeri Muhamad Tito Karnavian mengatakan,, sedianya Hari Otonomi Daerah diperingati setiap tanggal 25 April, namun karena jatuh pada hari libur sehingga dilaksanakan pada siang ini.

“Kami laporkan kepada Bapak Wakil Presiden bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah jatuh setiap tanggal 25 April karena hari libur sehingga baru terselenggara pada hari ini,” lapor Mendagri.

Dikatakan, peringatan Hari Otda tahun ini dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh Gubernur, Bupati serta Walikota seluruh Indonesia.

Sementara itu Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin memberi apresiasi kepada jajaran Kemendagri dan Kepala Daerah serta warga masyarakat seluruh Indonesia atas keberhasilan pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 dengan tingkat partisipasi yang tinggi dan berjalan lancar.

“Melalui kepatuhan protokol kesehatan yang ketat pilkada tetap dilaksanakan sesuai rencana dan tidak berpotensi menimbulkan konflik,” kata Wapres.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan bahwa kebijakan otonomi daerah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah diberi kewenangan khusus untuk mengatur peraturan tertentu, pemerintah daerah mempunyai kebijakan sendiri dalam memajukan daerahnya.

“Perjalanan otonomi daerah selama 25 tahun ini berjalan dengan baik dan saya berharap pemerintah daerah untuk selalu berinovasi meningkatkan pelayanan publik, dan penegakan prokes serta mensukseskan vaksinasi COVID-19,” kata Ma’aruf Amin.

Wapres juga menyampaikan terkait efektivitas kerja di daerah, perlunya paradigma pemerintahan untuk bersinergi dalam menjalankan roda pemerintahan antara daerah dengan pusat dan swasta. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.