Tahun 2021 Ada 10 Desa di Paser Akan Dialiri Listrik PLN

37

SOROTONLINE.COM – Dari 139 desa yang tersebar di 10 kecamatan yang ada di Kabupten Paser, Kalimantan Timur, terdapat setidaknya 20 desa belum sepenuhnya menikmati penerangan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Hal tersebut disampaikan Usma, Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Air (SDA) Sekretariat Daerah Kabupaten Paser, Senin (26/4/2021) di Tanah Grogot. Menurutnya, 20 desa yang belum dialiri listrik PLN berada di 9 kecamatan.

Yakni, 2 desa di Kecamatan Batu Sopang, 5 desa di Kecamatan Tanjung Harapan, 1 desa di Kecamatan Paser Belengkong, 2 desa di Kecamatan Tanah Grogot, 1 desa di Kecamatan Kuaro.

Kemudian, 1 desa di Kecamatan Muara Komam, 2 desa di Kecamatan Longkali, 4 desa di Kecamatan Batu Engau dan 2 desa di Kecamatan Muara Samu.

Dikatakan, dari 20 desa yang belum teraliri listrik, 50 persen diantaranya akan ditangani tahun 2021, jika sudah masuk dalam program PLN.

“Tahun ini ada 10 plus satu desa yang akan dibuat jaringannya oleh PLN,” Maksud dari 10+1, yakni adanya penambahan pemasangan jaringan listrik di Desa Ratau Atas, Kecamatan Muara Samu,” kata Usma.

“Sudah ada terpasang 2020 lalu, hanya saja mau ditingkatkan atau dilakukan penambahan karena masih ada dua RT belum terhubung,” sambungnya.

Karena hanya 50 persen yang rencana akan dibuatkan jaringan listrik tahun ini, maka ada 10 desa yang belum ada kepastian pengerjaan pemasangan listik PLN, oleh karenanya masyarakat diminta bersabar hingga tahun 2022.

Adapun untuk saat ini, agar bisa tetap mendapatkan penerangan khususnya pada malam hari, maka ke 20 desa tersebut menggunakan PLTS Komunal, genset dan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Berikut Daftar Desa Belum Dialiri Listrik PLN yang ada di Kecamatan, Kabupaten Paser, serta penerangan yang digunakan dekarang.

Kecamatan Batu Sopang
1. Desa Rantau Buta (PLTS Komunal)
2. Desa Rantau Layong (Genset)

Kecamatan Tanjung Harapan
1. Desa Keladen (Genset dan PLTS)
2. Desa Labuangkallo (PLTS Komunal)
3. Desa Selengot (LTSHE)
4. Desa Random (LTSHE)
5. Desa Senipah (LTSHE)

Kecamatan Pasir Belengkong
1. Desa Sunge Batu (Genset)

Kecamatan Tanah Grogot
1. Desa Perepat (PLTS)
2. Desa Sungai Langir (PLTS)

Kecamatan Kuaro
1. Desa Harapan Baru (Genset dan PLTS)

Kecamatan Muara Komam
1. Desa Swan Slutung (PLTS)

Kecamatan Long Kali
1. Desa Muara Lambakan (PLTS)
2. Desa Kepala Telake (PLTS)

Kecamatan Batu Engau
1. Desa Lomu (Genset)
2. Desa Segendang (PLTS Komunal)
3. Desa Riwang (PLTS)
4. Desa Pengguren Jaya (PLTS)

Kecamatan Muara Samu
1. Desa Luan (Genset dan PLTS)
2. Muara Andeh (Genset). (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.