Dishub Paser Akan Gelar Operasi Gabungan Penertiban Truk Bermuatan TBS Sawit

60

SOROTONLINE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Paser, dalam waktu dekat akan menggelar operasi gabungan penertiban kendaraan bermuatan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Paser Inayatullah saat dikonfirmasi. Senin, (26/4/2021), dikatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi bersama unsur Forkopimda Paser.

“Kami telah melakukan rapat koordinasi bersama Polres dan Satpol PP untuk melakukan operasi gabungan,” kata Inayatullah di Tanah Grogot.
Operasi gabungan tersebut kata Kadishub Paser Inayatullah, terkait dengan maraknya angkutan TBS kelapa sawit yang melintas kedalam Kota Tanah Grogot.
Bahkan pada Maret 2021 lalu, terjadi insiden terbaliknya kendaraan truk bermuatan TBS kelapa sawit di jalan Gajah Mada, Tanah Grogot, Kalimantan Timur.

Sementara terkait Pelaksanaan operasi penertiban tersebut, pihak Dishub Paser saat ini sedang dalam tahap pengaturan jadwal, namun sebelum hari raya Idul Fiti 1442 H akan ada action terkait kegiatan penertiban tersebut.

“Berkaitan dengan tempat tidak hanya disatu titik, namun ada beberapa tempat atau sistem hunting,” ucapnya.

Menurutnya, berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2007 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), truk bermuatan TBS sawit tidak dilarang melintas di jalan umum wilayah kota, namun ada persyaratan tertentu dipenuhi.

“Kami harus mengecek mengenai persyaratan-persyaratan jalan tersebut, karena hal ini berpotensi terhadap kerusakan jalan atau kecelakaan lalulintas,” tandasnya.

Rencana penertiban truk bermuatan TBS sawit ini termasuk yang pertama, karana belum pernah dilakukan penertiban kendaraan bermuatan sawit sebenarnya.

Oleh karenanya kegiatan tersebut dinilai merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan, dalam rangka mencegah terjadinya kecelakaan dan menjaga usia jalan. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.