APDESI Paser Harapkan Kades Genjot Anggaran Demi Kemajuan Desa

39

SOROTONLINE.COM – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Paser, M Nasri mengharapkan kepada para Kepala Desa (Kades) yang baru dilantik memaksimalkan anggaran yang ada.

Hal tersebut bertujuan agar dimasing-masing desa dapat menjawab yang selama ini dinilai kurang dapat dimaksimalkan, sehingga bisa menghasilkan atau memajukan kemajuan desa itu sendiri.

“Kalau untuk harapan kita pasti satu tujuan, bagaimana desa itu bisa maju,” kata Ketua APDESI Paser, usai menghadiri pelantikan 52 Kades terpilih, di Gedung Olah Raga (GOR) Sadurengas, Tanah Grogot, Kamis (24/6/2021).

“Sebagai Ketua APDESI mari kita sama-sama menggenjot baik ADD (Alokasi Dana Desa),DD (Dana Desa) maupun PADes (Pendapatan Asli Desa) untuk membangun,” sambungnya.

Saat ditanya terkait Pemekaran desa di wilayah Paser, M Nasri mengatakan, sebenarnya banyak desa yang sudah layak untuk dimekarkan, hanya saja terbentur dengan adanya moratorium.

“Masih terhambat dengan adanya moratorium, jadi belum ada wacana pemekaran desa, apa lagi moratoriumnya belum dicabut,” ucapnya.

“Tapi kalau bicara apakah ada desa yang layak dimekarkan, saya rasa banyak yang layak, kenapa dia bisa layak? Karena luasnya wilayah kemudian jumlah penduduk, jadi saya rasa layak untuk dimekarkan,” tambahnya.

Jika moratorium itu dicabut kata dia, kemungkinan besar ada desa yang bisa dimekarkan. Hanya saja untuk urusan pemekaran desa prosesnya memerlukan waktu yang cukup panjang.

“Prosesnya bukan setahun dua tahun tapi makan waktu sampai enam tahun. Karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Tapi kembali lagi ke kabupaten dan pemerintah yang menentukan menetapkan itu, bisa atau tidak,” pungkasnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.