Empat Desa di Paser Menang Lomba PPKM Mikro Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-75

18

SOROTONLINE.COM – Polres Paser mengumumkan pemenang lomba pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro Tingkat Desa Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-75 Tahun 2021, Kamis (1/7/2021).

Pengumuman tersebut berlangsung pada acara syukuran Hari Bhayangkara ke-75 dan kenaikan pangkat terhadap 28 personel Polres Paser, berlangsung di Mapolres Paser.

Disampaikan Kapolres Paser AKBP Eko Susanto melalui Kasat Binmas Polres Paser AKP Bambang Yuwono, ada 4 peserta sebagai juara / pemenang lomba PPKM Mikro tingkat desa dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 tersebut.

“Desa Luan Kecamatan Muara Samu, Desa Padang Jaya Ke├žamatan Kuaro, Desa Uko Kecamatan Muara Komam, dan Desa Batu Kajang Kecamatan Batu Sopang,” kata Bambang.

Adapun kriteria instrumen penilaian meliputi kesiapan administrasi, personil, logistik, anggaran, sarana dan prasarana posko maupun fasilitas kesehatan (alat, obat, kelengkapan rumah singgah dan rumah isolasi).

Tak hanya itu, sarana komunikasi petugas dan sosialisasi kepada warga baik berupa media sosial seperti Facebook, Instagram, Twiter, Web, Baliho, Spanduk, Famplet dan Brosur juga menjadi penilaian.

“Dari beberapa kriteria instrumen tersebut tidak kalah penting adalah peran aktif petugas PPKM mikro dalam melaksanakan 3T (Testing, Tracing dan Treatment),” terangnya.

“Serta keberhasilan merubah perilaku warga untuk melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan rumah tempat tinggal, tempat ibadah, tempat keramaian dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan,” tambahnya.

Terkait hal itu kata Bambang, maka sangat diperlukan peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai inisiator dan motivator di desa binaan.

“Setelah dilaksanakan penilaian 9 peserta lomba dari perwakilan 9 kecamatan, terdapat 2 peserta yang tidak sepenuhnya siap memenuhi kriteria PPKM Mikro,” ucapnya.

Sedangkan 3 peserta lainnya kata dia, kurang maksimal dalam mempersiapkan kegiatan PPKM mikro. Maka dari hasil rekapitulasi penilaian ditetapkan 4 peserta sebagai pemenang lomba.

Bambang berharap, semoga dengan dilaksanakan lomba PRM Mikro tingkat desa dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 Polres Paser Tahun 2021, menjadi motivasi untuk pencegahan dan pengendalian Covid- 19 di wilayah Kabupaten Paser. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.