Dishub Paser Lakukan Penertiban Sejumlah Kendaraan ODOL, Truk ‘Suami Idaman’ Ikut Terjaring

27

SOROTONLINE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser lakukan penertiban kendaraan niaga Over Dimension dan Over Load (ODOL) di jalan Gajah Mada Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Selasa (6/7/2021).

Dalam penertiban tersebut, sebuah truk kuning bertuliskan ‘Suami Idaman’ bermuatan kelapa sawit ikut terjaring diantara 13 unit kendaraan yang ditertibkan hari ini.

“Kendaraan yang ditertibkan, meliputi truk muatan sawit sebanyak 11 unit, sedangkan truk muatan carnel sebanyak 1 unit, serta 1 unit trailer pengangkut alat berat,” kata Inayatullah, Kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Paser.

Menurut Inayatullah, penindakan tidak serta merta dilakukan namun juga melihat aturan yang, seperti halnya yang dilakukan hari ini ada beberapa kendaraan yang menyalahi aturan.

“Kendaraan yang ditindak tersebut, karena bukti uji berkala mati, STNK juga mati dan tata cara pemuatan yang tidak sesuai ketentuan,” sambungnya.

Pengemudi kendaraan yang terjaring razia hari ini, nantinya akan mengikuti sidang yang sudah ditetapkan oleh pengadilan.

“Sanksinya, pengemudi harus mengikuti jadwal sidang yang sudah ditetapkan oleh pengadilan dan akan dikenakan denda sesuai pelanggarannya yang ditentukan oleh pengadilan nanti,”

Denda yang dikenakan tersebut, kata Inayatullah, nantinya menjadi Pendapatan Negara Bukam Pajak (PNBP) yang masuk ke kas Negara, bukan menjadi retribusi yang masuk ke kas Pemerintah Kabupaten.

Kegiatan tersebut juga melibatkan Satlantas Polres Paser, yang merupakan bagaian dalam penertiban pada Operasi Gabungan ODOL yang dilakukan Dishub Paser.

“Razia tadi gabungan, antara Dishub dengan Satlantas Polres Paser karena walaupun Dishub memiliki PPNS LLAJ, tetapi dalam kegiatan penertiban di jalan umum tetap harus berkoordinasi atau didampingi oleh pihak kepolisian,” jelas Inayatullah.

Jadwal kegiatan razia akan rutin dilakukan namun tentatif, atau tidak dibuat secara teratur, tujuannya untuk meminimalisir potensi kebocoran informasi kepada para pengusaha dan sopir angkutan,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.