Periksa Kesehatan Petugas, Rutan Tanah Grogot Gandeng IDI Paser

25

SOROTONLINE.COM – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot bekerjasama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur melaksanakan pemeriksaan kesehatan pada seluruh petugas Rutan tersebut.

Bertempat di Aula Rutan Kelas IIB Tanah Grogot, Sabtu (31/702021) Pemeriksaan dilakukan oleh perwakilan IDI Paser dr. Adhisetya Dwi Saputra dan 3 orang petugas medis Rutan Tanah Grogot.

Kepala Rutan Tanah Grogot Doni Handriansyah mengatakan, sebelum dilakukan pemeriksaan, seluruh petugas dianjurkan puasa selama 10 jam untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tanda-tanda vital seperti suhu tubuh, tekanan darah, respirasi rate/pernafasan dan nadi.

Selanjutnya juga dilakukan pemeriksaan penunjang seperti gula darah, asam urat, kolestrol dan pemeriksaan fisik thorax, paru, jantung, abdonan serta extremita.

“Dari hasil pemeriksaan dilakukan diagnosa oleh dokter dan diberikan terapi atau saran sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan,” kata Doni Handriansyah.

Menurutnya, kegiatan pemeriksaan Kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui apabila petugas memiliki penyakit komorbid/penyerta dan untuk memastikan kondisi kesehatan petugas.

Sebelumnya kata Doni, seluruh petugas Rutan Tanah Grogot juga telah melaksanakan vaksinasi covid-19 tahap I dan tahap II serta pelaksanaan rapid antigen covid-19.

“Juga sudah dibagikan vitamin untuk seluruh petugas secara berkala, guna meningkatkan imun tubuh dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pada seluruh petugas, perlu dilakukan observasi kepada 2 orang petugas dan 1 orang petugas dianjurkan untuk melaksanakan work from home (WFH).

Petugas yang dianjurkan WFH karena memiliki hasil pemeriksaan gula darah dan kolesterol tinggi. Namun secara keseluruhan petugas dinyatakan sehat dan prima. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.