Pembinaan Kepribadian, WBP Rutan Tanah Grogot Lakukan Pertaubatan

86

SOROTONLINE.COM – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, Kabupaten Paser melakukan pembinaan kepribadian dalam bentuk ceramah agama dan sholat dhuha berjamaah.

Kepala Rutan Tanah Grogot Doni Handriansyah mengatakan, Sholat dhuha berjamaah dan ceramah agama tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh warga binaan Rutan Tanah Grogot.

Dikatakan, pelaksanaan sholat dhuha dan ceramah agama merupakan salah satu bentuk pembinaan kepribadian terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Kegiatan ini untuk mencetak insan yang Berakhlakul Karimah dan berlangsung setiap hari pada pukul 09.00 Wita, di Masjid Nurul Iman, Rutan Tanah Grogot,” kata Doni Handriansyah.

“Ini dilakukan agar para warga binaan dapat disiplin dan semangat di pagi hari serta berubah menjadi insan yang lebih baik saat kembali ke masyarakat,” tambahnya.

Dimasa pandemi ini kata dia, pembinaan tetap berjalan melalui menerapkan protokol kesehatan, dengan pembina dari internal yaitu petugas sendiri yang rutin menjadi pembina atau pengisi kegiatan.

“Ini juga menjadi salah satu langkah pencegahan penularan COVID 19 tetapi tidak mengurangi kualitas pembinaan,” ungkapnya.

Sementara itu Dimas Suryanata, Kepala Sub seksi Pelayanan Tahanan berharap kegiatan tersebut dapat membentuk karakter warga binaan yang lebih baik serta dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

“Warga binaan sangat antusias ikut, bahkan diantara mereka kegiatan ini dijadikan sebagai pertaubatan atas apa yang mereka lakukan sehingga dihukum dengan menjalankan pidana penjara,” kata Dimas.

Mereka para warga binaan kata Dimas, berharap setelah bebas nanti dapat diterima oleh masyarakat dan dapat berbuat sesuatu yang bisa dibanggakan, serta menjadi pribadi yang lebih baik. (rsd)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.