Cegah Omicron, Rutan Tanah Grogot Lakukan Penyemprotan Disinfektan

109

SOROTONLINE.COM – Guna mencegah Covid-19 varian baru Omicron, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim kembali melakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (23/2/2022).

Kepala Rutan Tanah Grogot Doni Handriansyah mengatakan, penyebaran varian Omicron sudah terdeteksi di Kabupaten Paser, hal itu membuat pihaknya semakin serius dalam mencegah penyebaran di Rutan.

Disebutkan, penyemprotan disinfektan dilakukan pada titik-titik rawan terjadinya penyebaran covid-19, mulai dari ruang layanan terpadu, ruang tunggu, ruang kerja, hingga blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Selain penyemprotan, petugas juga mengecek kebersihan dan kerapian kamar hunian WBP,” kata Doni Handriansyah.

Pengecekan tersebut kata dia, sebagai salah satu upaya dekontaminasi membunuh mikroorganisme dan virus/bakteri pada objek permukaan benda mati, seperti jeruji sel, kursi, lemari, meja, gagang pintu, etalase, dan lain-lain.

Kegiatan penyemprotan itu kata Doni sebagai deteksi dini guna memberikan perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan para petugas maupun WBP terhadap Covid-19.

“Seluruh petugas dan WBP sudah mendapatkan vaksin hingga dosis III, tapi tetap harus ada pencegahan lain, salah satunya penyemprotan disinfektan secara berkala pada area-area rawan.” terangnya.

Selain itu, sebelumnya Rutan Tanah Grogot juga membagikan masker dan vitamin secara massal serta pengecekan kesehatan berkala terhadap WBP dan petugas guna meminimalisir risiko gejala Covid-19.

“Dibutuhkan kesadaran bersama sebagai upaya dan kerja sama dari semua pihak untuk memutus mata rantai COVID-19,” pungkasnya. (rsd)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.