Hari Lahir Pancasila, Rutan Tanah Grogot Ikuti Upacara Secara Virtual

834

SOROTONLINE.COM – Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (1/6/2022).

Kepala Rutan Kelas IIB Tanah Grogot, Doni Handriansyah, mengajak seluruh jajaran  untuk mengikuti kegiatan apel secara khidmat serta mendoakan pahlawan yang juga merupakan pendiri lahirnya Pancasila.

“Ini menjadi sejarah bangsa yang harus kita kenang. Kami atas nama keluarga besar Rutan Kelas IIB Tanah Grogot mengucapkan selamat Hari Pancasila tahun 2022,” kata Doni Handriansyah Kepala Rutan Tanah Grogot.

Sementara itu dalam sambutan Jokowi mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 adalah momen untuk lebih memperkuat persatuan dan kesatuan di Negara Indonesia.

Dikatakan, dalam memperkuat persatuan dan kesatuan, tentu salah satu caranya adalah dengan menerapkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Patut bersyukur kata Jokowi, Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan semuanya, menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian untuk saling berbagi.

Juga memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang dihadapi.

“Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia,” kata Jokowi.

Selain itu, Presiden juga mengajak kepada seluruh elemen bangsa di mana pun berada, untuk terus menerapkan tiap butir Pancasila, memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, saling menolong, dan saling bergotong-royong. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.