Pesona Alam Air Terjun Desa Swan Slutung

65

SOROTONLINE.COM – Maju Adil dan Sejahtera (MAS) itulah Visi Kabupaten Paser dibawah kepemimpinan dr. Fahmi Fadli sebagai Bupati dan Hj Syarifah Masitah Assegaf sebagai Wakil Bupati (Wabup). Geliat roda pembangunan di semua sektor terlihat dimana-mana.

Lewat program Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser salah satu yang gencar dipromosikan dan dikembangkan adalah sektor pariwisata, bagaimana tidak, daerah yang paling selatan Kaltim itu memang memiliki ratusan potensi obyek wisata.

Hampir di seluruh kecamatan yang berjumlah sepuluh memiliki destinasi wisata dengan sejuta pesona dan daya tarik yang patut dikunjungi oleh pelancong atau wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Salah satunya air terjun yang terletak di Desa Swan Slutung Kecamatan Muara Komam. setidaknya ada tiga titik lokasi air terjun di desa itu bisa menjadi pilihan sebagai objek wisata alam.

“Ada tiga tempat air terjun yang bisa menjadi pilihan yaitu Doyan Katas 1, Doyan Katas 2, dan Loyu Tangis, dan saat ini sudah mulai dimanfaatkan warga setempat,” kata Darwansa, Pendamping Kecamatan Muara Komam, Jum’at (5/8/2022).

Darwansa mengatakan, diperlukan waktu dua jam dari kantor kecamatan menuju Desa Swan Slutung, dan akses jalan menuju ke desa itu bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat.

“Jalan sudah diperbaiki, bisa dilewati mobil. jika potensi objek wisata itu dikelola dengan baik, akan membantu perekonomian warga setempat,” ujarnya.

Wisata air terjun ini selain memanjakan mata dan tubuh pengunjung, disepanjang jalan menuju kawasan kita juga dapat menikmati suara kicauan satwa yang menghuni hutan disekelilingnya.

Ia juga menjelaskan, selain objek wisata air terjun di Desa Swan Slutung, juga ada air terjun Loyu Bile di Desa Selerong Kecamatan Muara Komam. Wisata alam itu telah diresmikan Pemerintah Daerah. Jadi sungguh sayang apabila wisatawan tidak berkunjung untuk menikmati keindahan pesona alam yang ada disini. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.