Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Amiruddin : Kedamaian Hidup Bermasyarakat Dapat Terwujud Jika Amalkan Pancasila

349

SOROTONLINE.COM – Anggota DPRD Kaltim Amiruddin menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Desa Rangan Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, Sabtu (10/12/2022).

Materi empat pilar kebangsaan yang disosialisasikan antara lain, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam sosialisasi itu, Amiruddin anggota DPRD Kaltim untuk daerah pemilihan Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU) mengatakan Pancasila sebagai dasar negara merupakan keputusan final.

“Pancasila merupakan karya bersama yang dihasilkan melalui konsensus bersama sebagai pedoman dalam bernegara dan bermasyarakat, ” Kata politisi dari Partai Golkar ini.

Pancasila, kata Amiruddin, merupakan titik temu yang menyatukan elemen bangsa Indonesia.

“Bangsa Indonesia bisa bertahan hingga kini karena ditopang oleh dasar negara Pancasila, kita bisa lihat pengalaman negara lain yang akhir pecah menjadi negara-negara bagian karena ketidakkokohan dasar negara yang dimiliki, ” katanya.

Pada kesempatan itu, Amiruddin meminta peserta sosialisasi agar mengimplementasikan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebagai contoh, kata Amiruddin, adalah pengamalan dari sila pertama. Dalam sila tersebut diajarkan agar kita saling menghormati dengan pemeluk agama lain.

” Kembangkan sikap toleransi terhadap pemeluk agama lain, hormati saudara kita yang beragama lain ketika hendak beribadah, ” katanya.

Demikian juga dengan pengamalan sila kedua Pancasila. Menurut Amiruddin, dalam sila itu diajarkan sikap saling hormat dan menghormati serta saling tolong menolong.

Jika nilai – nilai Pancasila diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, kata Amiruddin, kedamaian hidup bermasyarakat dan bernegara akan terwujud. (Adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.